Mengenal Budaya Wastra Nusantara Lewat Pameran Warisan

Pameran tenun Indonesia bertema Warisan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA – Indonesia memiliki ragam wastra nusantara yang begitu kaya. Beberapa di antaranya, seperti, batik, tenun, dan songket.

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

Guna melestarikannya, pameran Wasiat Agung Negeri Nusantara (Warisan) kembali diselenggarakan untuk kedua kalinya. Ajang yang digelar pada 23-26 November 2017 ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pameran tersebut bertujuan untuk memberi apresiasi pada perajin batik, tenun, dan mutiara. Tidak hanya itu, pameran ini juga menjadi ajang promosi bagi para perajin dan pengusaha batik, tenun dan mutiara di Nusantara.

Mantap, Sarung Tenun Samarinda Dibeli Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin

“Untuk kedua kalinya, kami menyelenggarakan pameran Warisan untuk mempertahankan budaya warisan leluhur. Ajang ini memberi apresiasi pada perajin batik, tenun, dan mutiara sekaligus menjamin keaslian dan kemurnian batik, tenun dan mutiara Indonesia baik dari seni maupun sisi bisnis,” ujar Koestriastuti selaku Kurator Tenun dan Panitia Warisan  dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Senin, 20 November 2017.

Dia menuturkan bahwa  pameran ini akan menampilkan 126 stand yang terdiri dari produk batik, tenun, dan mutiara berkelas. Batik yang hadir di ajang tersebut pun hanya batik  yang menggunakan malam panas 100 persen.

Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT, Ivan Gunawan Hadirkan Keindahan Kain Sotis

Tidak hanya itu, acara ini juga akan diramaikan dengan beberapa talkshow yang akan mengulas produk batik, tenun, dan mutiara bersama perajin. Bagi yang ingin berkunjung pameran ini dibanderol sekitar Rp 100 ribu. Namun pameran dibebaskan biaya bagi mereka yang memakai busana batik asli, tenun dan mutiara serta pemegang undangan khusus.

“Acara ini sedikitnya menampilkam 126 stand yang turut serta dengan menampilkan berbagai batik, tenun dan mutiara berkualitas khusus. Ajang ini  dikenakan biaya bagi pengunjung sekitar Rp100 ribu,” ucap dia.

Koleksi Mamuli Sumba by Ghea Panggabean.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Koleksi menakjubkan dengan judul "MAMULI SUMBA," adalah sebuah tribut terhadap kekuatan dan ketahanan wanita-wanita penenun Sumba, yang menenun cerita dan warisan mereka.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023