Tips Padu Padan Berbagai Konsep Desain Hunian dalam 1 Ruang

Ilustrasi desain ruangan unik
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Mengikuti gaya dekorasi rumah yang sedang tren saat ini mampu menciptakan nuansa yang berbeda di dalam rumah. Namun adakalanya tren yang berlaku sekarang tak sesuai dengan selera dan mood Anda saat itu.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Padahal, dekorasi rumah tak melulu sesuai tren. Anda tentu bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda. Triknya, gabungkan saja banyak komponen perabotan atau ornamen dekor yang sedang tren saat ini menjadi satu kesatuan yang utuh.

Jangan khawatir akan bertabrakan. Seperti dikutip Times of India, berikut ini tren dekorasi yang cocok di modifikasi dengan berbagai gaya desain dalam satu ruangan.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

1. Tanaman hijau, konsep naturalis

Mungkin tak banyak orang memilih menggunakan tanaman hijau segar untuk hiasan dalam rumah, salah satu alasannya soal perawatan. Padahal, tanaman adalah salah satu komponen dekor rumah yang akan tren sepanjang masa, apalagi bisa di letakkan di dalam ataupun di luar rumah.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Tak harus tanaman berpostur besar atau berdaun lebar, yang menggunakan pot hingga memenuhi ruangan. Cukup dengan tanaman mungil (terarium) dengan wadah kaca, seketika menyegarkan ruangan Anda.

2. Dinding batu bata, konsep industrialis

Kesan unfinished dan industrialis sedang tren di terapkan pada konsep resto dan cafe. Namun tak sedikit pula yang menerapkannya pada desain hunian. Kesan dinding batu bata ini terlihat epic, meskipun tanpa dipoles. Meski demikian Anda tetap harus memerhatikan kekuatannya. Saat mendekor dengan gaya ini, konsultasikan dengan ahlinya agar tak hanya kuat tetapi juga tahan lama.

3. Aksen lampu, konsep kontemporer

Penggunaan lampu di sudut-sudut ruangan memberikan kesan hangat dan romantis. Tak hanya malam hari, lampu juga bisa dijadikan aksen pada siang hari. Gunakan beberapa wadah kaca untuk membuat tampilan fisik lampu lebih menarik. Tampilan fisik ini juga membuat kesan ruangan bernuansa kontemporer.

4. Sentuhan hutan tropis

Sentuhan hutan tropis juga bisa didapat dengan beberapa komponen alam yang diaplikasikan sebagai dekorasi rumah. Misalnya tumbuhan, sebagai hiasan dinding, atau dijadikan motif kertas dinding, sprei, hingga gordyn. Sentuhan ini dipercaya bisa membantu mengurangi stres dan berkontribusi terhadap kesehatan emosional seseorang.

5. Unsur etnik

Unsur etnik pada tren dekorasi rumah juga menjadi salah satu yang mendunia. Hampir di beberapa negara menerapkan konsep ini. Tren desain etnik ini memainkan berbagai macam tekstur, percampuran pola, yang dikemas berupa kayu, misalnya bagian lantai bahkan dinding. Suasana tersebut pun dapat dilengkapi perabot unik lainnya agar terlihat lebih klasik.

6. Tampilan vintage 

Tampilan ini cukup populer dengan sentuhan halus dan warna lembutnya. Ditambah dengan beberapa perabot kuno yang terlihat bisa memaknai tampilan. Jika Anda tidak menemukan perabot antik, mainkan saja komponen warna cokelat, abu-abu, hitam, hingga warna-warna kopi. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya