Jangan Pakai Sepatu di Dalam Rumah, Bakterinya Bikin Ngeri

Rata-rata ada 421.000 bakteri di sepatu yang memiliki sembilan noda berbeda.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Anda diajarkan sejak kecil oleh orang tua untuk tidak memakai sepatu di dalam rumah bukan tanpa alasan. Sepatu atau alas kaki benar-benar merupakan sarang bakteri.

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap

Sebuah studi yang dilakukan peneliti di University of Arizona, Amerika Serikat telah menemukan bahwa rata-rata ada 421.000 bakteri di sepatu yang memiliki sembilan noda berbeda.

Tentu saja dari jumlah tersebut termasuk di dalamnya adalah bakteri E.coli (penyebab diare), Serratia ficaria (penyebab infeksi pernapasan) dan Klebsiella pneumoniae (penyebab infeksi kandung kemih).

Kiprah Pemain Muda Berprestasi di Voli Fikri "Marjose" Sampai Tahun 2024

"Kita berjalan menginjak banyak benda, seperti kotoran burung, kotoran anjing dan kuman di lantai kamar mandi umum, semuanya adalah sumber bakteri E.coli," ujar salah satu peneliti, Kelly Reynolds, yang dikutip dari Metro.co.uk, Senin 7 Agustus 2017.

Ia juga mengatakan bahwa hal unik dari sepatu atau alas kaki adalah ketika Anda menginjak benda lain seperti daun-daunan dan sampah, itu bisa berfungsi sebagai makanan bagi bakteri dan membantu mereka berkembang.

Donald Trump Jual Sneakers 'Emas', Tak Lama Setelah Didenda Rp5,56 Triliun

Tapi bukan hanya bakteri yang harus Anda khawatirkan. Studi lain yang dilakukan Baylor University menemukan, racun-racun yang berasal dari aspal jalanan juga bisa meningkatkan risiko kanker. Biasanya racun itu berupa partikel debu yang menempel di sepatu dan terbawa ke dalam rumah.

Jadi, masih mau pakai sepatu di dalam rumah? (ren)

Koleksi sepatu Glashka x Shaddy.

Kolaborasi Glashka X Shaddy, Angkat Romansa Wanita Lewat Sepatu nan Elegan

Kolaborasi sepatu ini tidak sekadar tentang fashion. Namun memiliki nilai ketangguhan, kemampuan dan keberanian dalam pembuatannya, sehingga berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024