Tips Menghilangkan Serangga di Rumah

Ilustrasi nyamuk malaria.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pernah kah, Anda diganggu binatang-binatang kecil, seperti nyamuk, saat sedang asyik berkumpul dengan kerabat, atau keluarga di rumah? Situasi tersebut, tentu membuat Anda tidak nyaman.

Dak Beton Kian Populer untuk Atap Rumah, Perhatikan Ini Agar Tak Bocor

Keberadaan hewan-hewan seperti nyamuk, lalat, semut, dan yang lainnya terkadang sangat mengganggu ketenangan Anda di rumah. Ada beberapa tips untuk menghilangkan hewan-hewan tersebut, seperti yang dilansir dari Good House Keeping, Selasa 26 September 2017.

1. Nyamuk

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Nyamuk membutuhkan genangan air untuk berkembang. Anda dapat mencegahnya dengan menghilangkan sebanyak mungkin genangan air yang terdapat di rumah Anda, seperti kaleng dan botol bekas. Pastikan saluran air Anda selalu bersih, sehingga tidak ada nyamuk yang bersarang.

Tempat-tempat yang lembap seperti pekarangan rumah dengan banyak sekali rerumputan yang tumbuh, juga menjadi salah satu tempat bersarangnya nyamuk.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Karena, hal tersebut pastikan Anda memangkas rumput dengan teratur, sehingga nyamuk tidak akan menggigit Anda.

2. Lalat

Lalat berkembang dan menyukai tempat-tempat pembuangan sisa makanan. Sebaiknya, Anda hindari menumpuk sampah dan pastikan selalu membuang sampah secara teratur.

Lalat juga dapat berkembang pada rumput, tanah, limbah air, bahkan pada kotoran hewan peliharaan Anda. Untuk mencegahnya, pastikan rumah Anda dalam keadaan bersih, dan tutup rapat makanan Anda, sehingga tidak ada lalat yang masuk ke dalam makanan Anda.  

3. Semut

Kehadiran semut memang tidak dapat diprediksi, karena mereka dapat muncul di mana saja. Terkadang, dengan adanya banyak semut dapat membuat risih, bahkan menakutkan.

Anda dapat menghilangkan keberadaan semut dengan cara menggabungkan bubuk racun tikus dengan bubuk jagung, atau tepung gula, dan taburkan pada daerah-daerah yang biasa semut lewati. Semut akan memakan bubuk tersebut dan mati. Awasi dan pasang pembatas pada bagian tersebut untuk menghindari anak dan perliharaan Anda menyentuh bagian tersebut.

4. Tawon

Tawon terkadang berkumpul dan bersarang pada loteng Anda, kehadiran tawon dapat mengganggu, jika mereka menghampiri ketika Anda ketika sedang beraktivitas.

Yang dapat dilakukan adalah menemukan sarang tersebut dan menyemprotnya dengan pembersih hama. Namun, apabila dengan cara tersebut tawon tetap hidup.

Jangan mencoba untuk melepas sarang tawon sendiri, lebih baik Anda memanggil petugas yang lebih ahli, karena akan berbahaya bagi Anda.

5. Kecoak

Kecoak bergerak mencari makan pada malam hari. Sisa makanan, sisa sampah, bahkan sedikit tumpahan minum yang terjatuh di lantai dapat menjadi makanan bagi hewan yang dapat terbang tersebut.

Kunci untuk mencegahnya adalah dengan membersihkan secara menyeluruh ruangan pada rumah Anda, terutama bagian dapur. Bersihkan sisa piring kotor, dan buang sisa makanan Anda dengan benar.

6. Gegat

Hewan kecil berwarna abu-abu ini dapat hidup di mana saja, ia dapat berada di dalam tumpukan buku-buku, bahkan pakaian. Ia memakan apa saja termasuk butiran-butiran kecil tepung yang menempel.

Cara untuk menghilangkannya dengan selalu mencuci baju secara teratur dan tidak membiarkan baju kotor menumpuk. Untuk mencegah adanya hewan kecil ini Anda dapat menyusun pakaian dengan rapi dan menutup lemari dengan rapat, dan selalu membersihkan debu yang menempel pada buku-buku.

7. Kutu

Hewan penghisap darah ini biasanya bersarang pada rambut, dan tempat tidur. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk selalu menjaga kebersihan rambut, dan tempat tidur. Sebaiknya mengganti seprai dalam seminggu sekali.

Untuk Anda yang memiliki peliharaan seperti kucing, pastikan kucing Anda tidak memiliki kutu yang bersarang. Anda dapat membawa kucing ke petshop untuk pembersihan kutu. Bersihkan sofa dan karpet dengan vacum cleaner untuk menghilangkan bulu-bulu yang menempel. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya