Catat, Ini Waktu Tepat Membersihkan Rumah

Ilustrasi membersihkan rumah
Sumber :
  • Pixabay/ klimkin

VIVA – Meski kadang terlihat bersih secara kasat mata, bantal di rumah atau di kamar Anda bisa saja penuh dengan tungau atau bakteri. Hal ini tentu akan memberikan dampak negatif pada kesehatan, misalnya saja sesak napas. 

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan bantal atau perabot rumah lainnya secara rutin dan berkala. Tapi pertanyaan selanjutnya, seberapa sering barang-barang itu dibersihkan?

Seperti dilansir dari The Independent, membersihkan atau mencuci bantal, sebaiknya dilakukan tiga sampai enam bulan sekali.  Sedangkan untuk kasur, sebaiknya perlu dirawat setiap bulan. 

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

Sementara itu, untuk lemari pakaian sendiri aturannya cukup jelas. Yakni mencuci pakaian setiap saat setelah dikenakan.

Selain itu Anda juga harus melakukan hal yang sama untuk celana ketat, saran Good Housekeeping. Majalah tersebut menjelaskan bahwa spandex dan nilon mempertahankan kelembapan yang dapat mendorong bakteri untuk berkembang biak bila tidak cukup dicuci.

Wabah Corona, Ini 5 langkah Mendisinfeksi Rumah agar Bebas Virus

Sedangkan piyama masih cukup aman jika dicuci selama satu minggu sekali. Salah satu saran yang sangat mengejutkan adalah tentang tas tangan. Mereka juga perlu dibersihkan tiap minggu. 

Hal itu karena tas mengandung enam kali lebih banyak bakteri, daripada tempat duduk toilet. Jadi sebaiknya bersihkan secara menyeluruh dengan lap anti bakteri.

Barang-barang rumah tangga lainnya yang tampaknya membutuhkan pembersihan secara rutin antara lain:

Pegangan sikat gigi: Mingguan

Sikat make-up: Dua kali seminggu

Kursi toilet: Mingguan

Ketel: Setiap tiga bulan sekali

Lemari es: Dua kali setahun

Mesin cuci: Bulanan
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya