5 Tips agar Tidur Nyenyak Usai Bekerja Seharian

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay/Wokandapix

VIVA – Apakah Anda pernah mengalami fenomena menjengkelkan ketika benar-benar lelah akan aktivitas yang padat di tempat kerja? Namun, sampai di rumah mata Anda justru terbuka lebar, seakan tidak mengizinkan untuk beristirahat.

Tips Pilih Bantal Sesuai Posisi Tidur Favorit Supaya Nyenyak

Dilansir dari Architectural Digest, Sabtu 9 Desember 2017, seorang ahli rumah dari sebuah perusahaan kasur online NECTAR, Erin Berman, mengatakan untuk mempertimbangkan beberapa tips guna menenangkan tubuh dan otak Anda sehingga bisa terlelap. Dan berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat cepat tertidur nyenyak.

1. Simpanlah semua pekerjaan Anda

Kurang Tidur Usai Liburan, Bagaimana Membayarnya?

Buatlah tempat tidur Anda terbebas jauh dari hal-hal yang bersangkutan dengan pekerjaan Anda. Simpan rapat dan tinggalkan berkas-berkas pekerjaan, agar Anda dapat merasa tenang dan rileks.

2. Ciptakan suasana tenang dengan meredupkan cahaya kamar

Tidur dengan Kipas Angin Sepanjang Malam Buruk untuk Kesehatan?

Ruangan kamar dengan cahaya redup dapat lebih memudahkan Anda untuk beristirahat dibandingkan dengan menggunakan cahaya lampu yang terang. Jadi jika Anda ingin tertidur lelap dengan mudah sebaiknya, matikan lampu kamar tidur Anda. Namun, jika takut akan gelap Anda dapat menggunakan lampu tidur untuk memberikan cahaya samar pada kamar tidur.

3. Dengarkan alunan musik tenang

Dengan menggunakan alunan musik tenang seperti suara ombak dapat memberikan relaksasi dan perasaan tenang. Anda pun akan lebih mudah beristirahat di malam hari.

4. Gunakan aroma terapi

Jika Anda memiliki tekanan pikiran yang membuat merasa tertekan dan stres, dapat menggunakan aroma terapi untuk menciptakan lingkungan yang rilaks. Cobalah aroma lavender karena dapat memperlambat aktivitas sistem saraf, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan relaksasi, dan memperbaiki mood pada orang-orang yang menderita gangguan tidur.

5. Gantilah kasur Anda

Salah satu yang membuat gangguan tidur adalah ketidaknyamanan kasur. Jika kasur Anda sudah berusia tua, dan tidak dapat membuat tubuh nyaman ketika menggunakannya, sebaiknya pikirkan untuk menggantinya dan membeli kasur serta perlengkapan tidur baru. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya