Menteri Yohana: Indonesia Dipilih PBB Jadi Negara Kesetaraan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise (Mama Yo)
Sumber :

VIVA – Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Yohana Yambise menyebut, Indonesia masuk ke dalam salah satu dari 10 negara yang disiapkan menuju Planet 50:50 pada 2030 oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). 

Program We See Equal P&G dan Save the Children Ciptakan Sekolah Ramah Gender dan Inklusif

Planet 50:50 merupakan program yang dicanangkan untuk membawa perempuan setara dengan laki-laki dan semakin banyak pemimpin perempuan.

"Indonesia dipilih PBB masuk ke dalam salah satu dari 10 negara besar yang dipilih masuk planet 50:50," kata Menteri PPA Yohana Yambise saat ditemui dalam acara peluncuran buku Kartini Blue Bird :The Spirit of Emak-Emak di Training Center Blue Bird Jakarta Timur, Jumat 11 Mei 2018. 

6 Tahun Wujudkan Kesetaraan Gender dan Keamanan Anak, P&G dan Save the Children Terus Berinovasi

Dia menyebut, untuk menyiapkan itu, perlu peran pria untuk memberikan akses kepada wanita agar bisa maju atau setara dengan pria. 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise.

Peran Penting Pendidikan dan Kesehatan dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender

"Masih banyak persoalan, laki-laki masih mendominasi semua posisi strategis di negara ini. Maka dari itu posisi perempuan diangkat, perempuan ada di semua lini tapi masih rendah," kata dia. 

Dia melanjutkan, jika wanita maju maka dirinya dan keluarga bisa bebas kemiskinan jika berada di garis aman. 

"Angka perempuan masih mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan anak masih tinggi. Kenaikan angka KDRT ini berdampak ke anak untuk itu kami sudah mengatur UU KDRT sebagai usaha untuk melindungi ibu dan UU Anak untuk melindungi anak dari kekerasan."

Dia menyebut, pihak Kementerian PPPA telah mengirimkan surat kepada lembaga  pemerintah daerah untuk melaporkan profil perempuan yang ada di masing-masing daerah. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana Indonesia mencapai kesetaraan gender, sesuai dengan indikator kelima Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).  (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya