Tips Mudik Antipegal dan Enggak Loyo ala Agung Hercules

Agung Hercules (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA – Mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi yang selalu dilakukan masyarakat Muslim di Tanah Air. Kebiasaan pulang ke kampung halaman ini membuat mudik identik dengan kemacetan.

8 Tips agar Mudik Tak Membosankan Saat Terjebak Macet

Karena kemacetan hingga berjam-jam tersebut, tubuh biasanya merasa pegal-pegal dan lelah. Salah satu penyanyi sekaligus aktor yang giat membentuk tubuh, Agung Hercules, menuturkan pentingnya melakukan peregangan yang tepat selama terjebak kemacetan.

"Stretching dimulai dengan tangan yang dikatupkan, dijulurkan ke depan, tarik ke kanan dan kiri. Selanjutnya bisa angkat kaki dengan hitungan satu sampai delapan," ujarnya ditemui dalam acara #MudikGakLoyo di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

Kolom Prof Tjandra: 7 Masalah Kesehatan Mudik dan 4 Tips Atasinya

Selain itu, jika masih bisa berhenti di sekitar rest area, usahakan meregangkan tubuh lebih sering. Bisa melakukan gerakan senam kecil dengan membuat seluruh tubuh aktif.

"Sempat ke rest area, coba istirahat sebentar, lalu lemaskan semua badan, baru senam sedikit. Bisa pakai tangga untuk turun dan naik," kata dia.

12 Artis Meninggal Dunia Tahun 2019

Sebab jika dibiarkan berdiam diri dalam waktu lama, otot-otot kaki dan tangan bisa mengalami kejang. Apalagi, menggerakkan tubuh sangat baik untuk memperlancar peredaran darah.

"Gerakan naik turun itu bisa membuat pembuluh darah lancar. Jadi, perjalanan jauh kalau tubuh banyak digerakkan bisa membuat tubuh tetap sehat karena peredaran darah lancar," ujar Agung. (ase)

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Siap-Siap Kepadatan Arus Balik, Ini Tips Perjalanan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Ada beberapa tips yang diberikan dokter Rendy, agar pemudik yang dalam kondisi hamil, bisa aman dan nyaman selama perjalanan arus balik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2023