Matt Damon Blusukan ke Desa di Jawa Tengah, Ternyata Ngecek Air Bersih

Matt Damon
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Pada tanggal 3 Juli lalu, publik Indonesia sempat dihebohkan dengan beredarnya foto-foto aktor Hollywood Matt Damon yang sedang berada di Indonesia. Ternyata pada tanggal tersebut Matt Damon menunjungi Kantor Pusat Koperasi Mitra Dhuafa yang berada di kawasan Jakarta Selatan.

Aktor Contagion Reuni, Wanti-wanti soal Corona: Ini Nyata, Bukan Film

Di hari berikutnya, yaitu tanggal 4 dan 5 Juli, Matt Damon melanjutkan kunjungan ke beberapa desa di Jawa Tengah, untuk melihat kemajuan program air bersih dan sanitasi yang diadakan oleh Water.org.

Sesampainya di Jawa Tengah, Matt Damon yang ditemani Gary White, CEO Water.org, mengunjungi Desa Kertosari yang berada di Kabupaten Batang untuk menghadiri pertemuan dengan Pusat Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA). Dalam pertemuan tersebut, bintang film "Interstellar"  ini berbicara dengan para klien KOMIDA tentang pentingnya air bersih dan sanitasi. Tidak hanya itu saja, Matt juga mendengar beberapa cerita anggota Koperasi Komida tentang air dan sanitasi yang bisa mengubah hidup mereka lebih baik.

Review Film Ford v Ferrari: Memacu Adrenalin, Menguras Emosi

Setelah mengunjungi Desa Kertosari, mereka melanjutkan perjalanan ke Desa Denasri Kulon yang masih di Kabupaten Batang. Kunjungan Matt di Desa Denasari Kulon tersebut salah satunya mendatangi pelanggan PDAM Batang, yaitu Suntoro. Selama percakapan dengan para pendiri Water.org, Suntoro mengklaim bahwa kualitas kehidupan keluarganya telah meningkat sejak mereka menggunakan sambungan air dari PDAM Batang melalui program WaterConnect.

Selanjutnya, Matt bersama Gary mengunjungi sebuah pesantren bernama Sabillun Najah yang berada di Desa Selopanjang Barat, Kabupaten Batang. Bagi Matt dan Gary mengunjungi pesantren merupakan pengalaman pertama sekaligus pengalaman berbeda yang dirasakannya. Sebanyak 50 anak yang berada di pesantren tersebut melakukan perbincangan yang bermanfaat dengan Matt dan Gary tentang pentingnya kebersihan dan sanitasi bagi kehidupan mereka.

Isi Percakapan Matt Damon dengan Santri-santri Sabillun Najah

Matt dan Gary menggunakan hari terakhir mereka di Jawa Tengah dengan mengunjungi Kabupaten Kendal. Tujuan mereka ke sana adalah untuk membahas tentang produk pinjaman CBO (Communities Base Organisation). Sebuah program yang diusung oleh Water.org guna memperluas jaringan air bersih kepada warga yang membutuhkan.

Secara umum, kunjungan tiga hari Matt dan Gary di Indonesia telah memberi mereka pengetahuan tentang program Water.org di Indonesia secara mendalam. Terutama tentang kondisi akses air dan sanitasi yang sesungguhnya di Indonesia, khususnya di Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di Jawa Tengah.

The Last Duel.

Sinopsis The Last Duel, Pertarungan Maut Diangkat dari Kisah Nyata

The Last Duel bakal menyuguhkan sebuah kisah mencekam tentang pengkhianatan dan pembalasan terhadap kebrutalan Prancis abad ke-14. 

img_title
VIVA.co.id
10 November 2021