Logo BBC

Kurangi Sampah Makanan, Berbagi dengan Warga Miskin

Garda Pangan membagikan makanan berlebih kepada warga miskin di Surabaya - Dwiki Marta/BBC INDONESIA
Garda Pangan membagikan makanan berlebih kepada warga miskin di Surabaya - Dwiki Marta/BBC INDONESIA
Sumber :
  • bbc

Siang itu di akhir pekan, Dedi Baroto Turnoyudho tampak sibuk menghitung jumlah kardus berisi pisang sumbangan dari salah satu distributor pisang di Surabaya.

Pendiri Garda Pangan ini, secara rutin menerima sumbangan makanan berlebih dari distributor pisang, toko roti, dan katering untuk dimanfaatkan dan disalurkan kepada warga miskin.

"Kalau pisang yang masih bagus biasanya kami langsung distribusikan, yang sudah agak lembek biasanya kami olah lagi menjadi penganan seperti nugget pisang," jelas Dedi.

Hari itu, Garda Pangan mendapatkan sumbangan sekitar 20 kardus pisang.

"Kebanyakan barang kita itu cuma cacat visual bukan rusak bukan busuk, masih sangat layak di makan. Hanya saja biasanya toko-toko sudah tidak mau karena tampilannya berbintik," kata Yonatan Alexander Wijaya, distributor produsen pisang di Surabaya.

Selama enam bulan terakhir, Yonathan bekerja sama dengan Garda Pangan untuk mendistribusikan pisang yang tak lagi dianggap `menarik secara visual` oleh pasar.

"Sebelumnya kita berupaya sendiri ke panti asuhan, rumah jompo tapi repot, dengan Garda Pangan mereka yang jemput dan bantu kita sortir," kata Yonathan.