Di Jepang, Wanita Hamil Kini Punya Taksi Khusus

Ilustrasi hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Wanita hamil biasanya akan mendapat prioritas, mulai dari bangku hingga antrean. Namun ada kalanya mereka harus bepergian seorang diri. Yang ditakutkan adalah, saat mereka sedang bepergian, mereka mendadak membutuhkan bantuan, atau tiba-tiba mengalami kontraksi.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Beruntung bagi mereka yang tinggal di Jepang. Selama enam tahun bahkan lebih, wanita hamil di Tokyo, Jepang, telah didaftarkan untuk layanan melahirkan khusus dengan perusahaan taksi ternama. Layanan tersebut meliputi janji kontrol sebelum melahirkan, juga menempatkan mereka di antrean teratas untuk situasi mendadak saat mereka sedang bekerja.

Nihon Kotsu Co, sebuah perusahaan di Tokyo yang mulai memberikan layanan pada ibu hamil sejak tahun 2012. Mereka meminta bantuan bidan untuk mendidik para sopir taksi tentang cara melahirkan, serta menangani wanita hamil dalam perjalanan ke rumah sakit. Demikian dilansir dari laman Rocketnews24.

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Layanan ini terbukti cukup terkenal, karena telah diterima lebih dari 20.000 pendaftar baru setahun usai diperkenalkan ke publik. Kini, banyak perusahaan lainnya yang juga memberikan layanan serupa.

Tak hanya Tokyo, kini wanita hamil di kota Marioka, juga akan bisa merasakan layanan ini. Taksi Sankyu, yang diperuntukkan khusus untuk wanita hamil diperkenalkan bulan Desember 2016 lalu, dan hingga kini banyak orang yang juga telah menggunakan layanan tersebut.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Selain memberikan ketenangan pada wanita hamil, konsep ‘taksi melahirkan’ ini juga membantu mengurangi layanan ambulans gratis untuk keperluan mendadak, di mana hal tersebut juga dianggap membantu meningkatkan efisiensi penggunaan kendaraan darurat di Jepang.

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024