Sariban, Petugas Kebersihan Bandung Disorot Media Asing

Sariban
Sumber :
  • Twitter @hassan_ghani

VIVA.co.id – Kemunculan Sariban di Kota Bandung 30 tahun lalu sempat dianggap, aneh, nyeleneh bahkan hingga disebut orang gila. Tapi belakangan, Sariban yang kerap mengenakan pakaian serba kuning, lengkap dengan sepeda ontelnya dikenal sebagai pahlawan kebersihan dari kota Kembang, Bandung.

Keluarga Jurnalis Senior Wael Al Dahdouh Kembali Dibunuh Israel, Terbaru Hamzah Putra Tercintanya

Tak hanya itu, aksinya yang rajin membersihkan sampah, ternyata mendapatkan sorotan media asing, Aljazeera. Aksi Sariban direkam dalam kamera dan dimuat media asing tersebut dengan judul, 'Meet Indonesia's trash vigilante, Mr Sariban is 74 years old, retired, and totally obsessed.'

Dalam video yang dimuat oleh Hassan Ghani, produser situs Al Jazeera sedikit menceritakan, aktivitas Sariban. Di situs itu dia menulis, setiap hari mulai fajar sampai petang, Sariban, 74 tahun, berpatroli di jalan-jalan di Bandung dengan sepedanya mencari sampah dan mempermalukan orang-orang yang berani mengotori kotanya. Ketika dia memulai misinya, 30 tahun yang lalu, dia malah sering mendapat cercaan, bahkan dianggap sebagai orang gila. Tapi hari ini, Sariban justru dianggap sebagai pahlawan kebersihan.

Ini Deretan Jurnalis Al Jazeera yang Meninggal di Tengah Perang

Hassan Ghani pun tak hanya memuat video Sariban di situs asing tersebut. Dia juga memamerkannya di akun Twitter miliknya, @hassan_ghani. Video yang dia unggah tersebut disukai oleh 4.300-an orang dan direetweets 5913 kali.

Israel Dituduh Meretas iPhone Milik Puluhan Jurnalis
Wael Al Dahdouh

Firasat Kematian Putra Jurnalis Wael Al Dahdouh, Hamzah Sebelum Tewas Dibunuh Israel: Ayah itu Sabar

Hamzah anak jurnalis Wael Al Dahdouh dikabarkan telah meninggal dunia bersama rekan jurnalisnya akibat serangan udara dari Israel. Ada pesan menyentuh darinya untuk ayah.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2024