Tips Berkebun di Rumah Tanpa Halaman

Ilustrasi taman.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Memiliki sebuah taman di rumah adalah impian banyak orang. Namun, menjadi impian itu menjadi terbatas karena persoalan halaman yang tak cukup luas.

Mau Mulai Berkebun? Siapkan 5 Peralatan Ini Dulu di Rumah

Padahal, Konsep sebuah taman tak melulu membutuhkan hunian dengan halaman luas. Dikutip laman Boldsky, berikut ini alternatif membuat taman pada teras tanpa halaman.

Istilahnya adalah terrace gardening atau taman pada teras. Tidak perlu halaman luas, namun bisa menggunakan media tanam pot-pot mungil yang mempercantik teras rumah Anda.

Berkebun Vertikal di Lahan Rumah Minimalis

Meski terkesan mudah, namun membuat taman pada teras memiliki aturan tersendiri. Di samping itu, perlu kehati-hatian dalam setiap penempatan tanamannya. Berikut ini tipsnya.

1. Tempatkan pada ruang yang tepat

35 SMP di Banjarmasin Ikuti Program Sekolahku Berkebun

Jika Anda ingin menggantung pot, tips ini harus diperhatikan. Karena, penempatan gantungan akan menentukan ketahanan pada pot dan tanaman yang bergantung nantinya. Apabila ketahanan ruangan itu mencapai maksimal, Anda bisa menggantungkan pot dan tanaman dengan ukuran lebih besar.

2. Harus tahan air

Carilah ruangan yang bisa tahan air, hal ini sangat berpengaruh pada keamanan Anda berkebun. Hal ini juga diperuntukkan agar tidak terjadi kebocoran pada ruangan ruangan lainnya yang menyatu dengan taman teras.

3. Periksa jenis tanah yang akan digunakan

Hal ini penting untuk taman teras. Campuran sempurna adalah tanah, pupuk, dan kompos bisa memberi hasil maksimal.

4. Penggunaan jenis pot

Penggunaan jenis pot pada taman teras sangat berpengaruh. Hal ini dapat menghasilkan tanaman bisa tumbuh dengan baik. Selain itu, dengan menggunakan pot juga tidak membutuhkan banyak ruang.

5. Siram tanaman Anda

Ini adalah tips umum untuk setiap kegiatan berkebun. Namun ternyata, menyiram tanaman perlu dilakukan seusai dengan musimnya. Di musim panas, Anda perlu menyiram tanaman Anda dua kali sehari untuk menjaga agar tanah tetap lembap.

Adapun di musim dingin, Anda harus lebih menekan kelembapan tanah tersebut. Baru kemudian, sirami tanah dengan air sesuai kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya