Tips Gunakan Garam untuk Bersihkan Perabot Rumah

Ilustrasi garam.
Sumber :
  • Pixabay/bykst

VIVA.co.id – Garam dikenal sebagai salah satu komponen wajib dalam bumbu masakan. Selain mengandung yodium yang dibutuhkan tubuh, di lain sisi garam juga memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan.

Bahaya Kekurangan Garam Ternyata Mengerikan

Tak hanya sebagai 'makanan', ternyata garam memiliki manfaat lain, salah satunya untuk kebersihan rumah.

Dikutip India Times, penggunaan garam sebagai pembersih rumah sangat bervariasi. Garam mampu mengangkat minyak yang menempel pada permukaan porselen hingga komponen plastik. Apa saja yang dapat dilakukan dengan garam? Berikut ini tipsnya.

Bisa Atasi Batuk, Ini 7 Manfaat Unik Garam

1. Melawan bau pada ruangan

Campurkan garam dengan jus lemon hingga menjadi sebuah cairan. Gosokkan cairan tersebut pada pakaian dan jaga agar tetap kering di bawah sinar Matahari. Kemudian bilas hingga bersih.

Manfaat Sehat dan Bahaya Garam, Kamu Harus Tahu

Selain pada pakaian, bubuk garam dapat digunakan sebagai penyerap bau pada ruangan. Teteskan pada semangkuk kecil garam dengan perasan lemon atau jeruk nipis. Letakkan mangkuk tersebut pada pojok ruangan yang lembap selama 1 x 24 jam.

2.Mengangkat lemak dan minyak

Seringkali peralatan masak seperti porselen, plastik, aluminium dan lainnya dihinggapi minyak bekas masakan. Untuk menghilangkannya, Anda bisa oleskan dengan garam dan sirami air. Setelah 20 menit, minyak membandel bisa lenyap dengan mudah.

Campuran garam dan baking soda mampu membersihkan lantai porselen, toilet dan bak cuci piring dengan mudah.

3.Menghilangkan bau sepatu

Taburkan garam ke sepatu kanvas atau sepatu kets Anda yang bau. Garam akan menyerap ke setiap sisi sepatu yang mengalami kelembapan. Tambahkan beberapa semprot pengharum khusus sepatu sehingga membuat baunya menjadi harum kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya