Tips Mudah Menanam Tomat di Pot

Ilustrasi tomat.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA.co.id – Memetik tomat segar di pekarangan sendiri, menjadi kesenangan tersendiri. Namun, menanam tomat di pekarangan rumah tidaklah mudah, perlu keahlian khusus.

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Jika tidak, Anda pun perlu memperhatikan beberapa langkah jitu untuk menghasilkan tomat yang terbaik pada di kebun Anda.

Tak perlu lahan yang luas. Menanam tomat hanya perlu memperhatikan tiga hal utama, yakni wadah besar, atau pot, dengan pemberian nutrisi yang memadai dari pupuk. Dikutip dari laman Boldsky, berikut ini tips sederhana untuk Anda sebagai pemula yang ingin menanam tomat di rumah.

Bukan Cuma Mengatasi Jerawat, Ketahui Manfaat Buah Tomat pada Kesehatan Kulit dan Wajah

1. Beri cukup ruang

Karena pada umumnya, tanaman tomat bukanlah tanaman yang cepat mati dan sekali berbuah. Tanaman tomat akan tumbuh semakin besar dan hidup lama. Selain itu, tanaman tomat akan tumbuh berderet dan berkembang dengan cepat, sehingga akar tanaman akan menyebar. Karenanya, disarankan Anda harus mempersiapkan wadah tanam yang cukup besar.

Hari Menanam Pohon Nasional: Makin Banyak Orang Peduli Lingkungan

Jika tak mendapati ukuran pot yang cocok. Ada baiknya Anda membuat sendiri dengan memanfatkan sebuah ember pada ukuran 15 atau 25 liter yang kemudian di beri lubang-lubang pada bagian bawahnya, sebagai sirkulasi air.

2. Tanah dengan nutrisi

Tomat adalah tanaman pengumpan, sehingga membutuhkan kualitas tanah yang baik yang diperkaya nutrisi untuk tumbuh. Karena itu, sebaiknya gunakan pupuk kompos dan campuran nutrisi tanah yang bisa Anda dapatkan di toko tanaman.

Selain itu, tambahkan cukup jerami untuk menciptakan kehangatan, sehingga berpotensi merangsang akar.

3. Sinar matahari yang cukup

Tanaman tomat membutuhkan setidaknya dua jam paparan sinar matahari setiap harinya. Hal ini sangat berpengaruh untuk kelangsungan pertumbuhan tomat, khususnya warna yang dihasilkan pada tomat. Semakin banyak asupan sinar matahari pada tanaman itu, akan semakin baik pula pertumbuhan yang dihasilkan.

Agar maksimal, tutupi tanaman tomat selama satu jam per hari dengan plastik hitam. Hal ini akan membantu menyerap panas, menghangatkan tanah, dan merangsang akar.

4. Beri banyak air

Tanaman tomat sangat membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya. Karenanya, pastikan Anda menyiram tanaman tomat dengan baik dan tepat waktu. Tanaman tomat yang disiram dengan baik adalah tomat yang sehat.

Namun, jangan berlebihan saat menyiram. Dan, pastikan pot yang digunakan memiliki sirkulasi air yang memadai.

5. Beri teralis

Tips satu ini harus diperhatikan, tanaman tomat sudah tumbuh cukup lama dengan akar yang kuat, maka berilah teralis agar akar tidak merambat dan menyebar keluar dari sisi-sisi pot. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya