Meja Kerja Berantakan Tanda Anda Orang Jenius dan Kreatif

Ilustrasi meja kerja berantakan.
Sumber :
  • Pixabay/Free-Photos

VIVA.co.id – Apakah meja kerja Anda selalu diwarnai dengan kertas-kertas berserakan, cangkir kopi, amplop-amplop dan tanaman hias yang layu? Di luar kemalasan, pemandangan meja kerja seperti itu ternyata menandakan Anda seseorang yang jenius dan kreatif.

Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn

Dilansir dari laman The Independent, Selasa, 11 Juli 2017, sejumlah peneliti menemukan alasan di balik kebiasaan memiliki meja kerja berantakan.

Untuk membuktikan bahwa terkadang bekerja di situasi berantakan bisa membuat seseorang lebih produktif dibandingkan situasi yang rapi dan teratur, para peneliti dari University of Minnesota menemukan bahwa para jenius yang kreatif cenderung lebih memilih tempat kerja yang berantakan.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Setelah menguji seberapa baik para partisipan dalam menelurkan ide ketika bekerja di tempat kerja yang rapi maupun berantakan, ditemukan bahwa meskipun mereka yang berada dalam ruang berantakan membangun jumlah ide yang sama dengan mereka yang bekerja di ruang rapi, tapi ide mereka yang bekerja di ruang berantakan dianggap lebih menarik dan kreatif ketika dievaluasi oleh juri.

Lebih lanjut, data juga menunjukkan bahwa mereka yang memiliki meja kerja berantakan lebih berani mengambil risiko. Sedangkan mereka yang memiliki meja kerja rapi cenderung mengikuti aturan ketat dan kurang berani mencoba hal baru.

Ungkap Jasa Tukul Arwana dalam Kariernya, Wika Salim Beberkan Hal Ini

"Lingkungan yang tidak rapi nampaknya menginspirasi untuk keluar dari tradisi, di mana bisa memproduksi pandangan yang lebih segar," ujar para peneliti.

Tapi, apa yang menyebabkan hal itu? Kemungkinan para orang jenius memiliki hal yang jauh lebih penting untuk dilakukan dibandingkan memikirkan sistem pendataan yang terlalu rumit. Di sisi lain, di balik ketidakteraturan itu ada keteraturan yang hanya bisa dimengerti oleh mereka.

Lihat saja Albert Einstein, Thomas Edison dan bahkan Steve Jobs. Mereka semua memiliki ruang kerja berantakan.

Kenyataannya, ide yang datang dari meja kerja yang rapi menciptakan pekerja yang sama di pertengahan abad ke-20.

Secara historis, para jenius selalu digambarkan dengan meja yang berantakan dan kata bijak dari Einstein yang mengatakan, "Jika meja mereka berantakan adalah tanda pikiran yang berantakan, maka apa tanda dari meja yang kosong?"

Jadi, jika meja kerja Anda biasanya berantakan, tidak perlu malu dengan bagaimana rekan Anda menilai, dan terimalah ketidakrapian Anda sebagai tanda kejeniusan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya