Mengharukan, Kakek 97 Tahun Ini Akhirnya Lulus SMA

Kakek 97 tahun merayakan kelulusan SMA
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Ungkapan inilah yang tepat disematkan untuk Charles Leuzzi, pria berusia 97 tahun, yang merupakan veteran tentara Perang Dunia II.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Pria Philadelphia tersebut sangat berat menjalani kehidupan pada masa itu, sehingga pendidikannya di bangku SMA tidak pernah selesai.

Charles terpaksa dikeluarkan dari sekolah pada tahun pertamanya untuk bekerja dan membantu menghidupi keluarganya. Tak lama berselang, ia diminta untuk ikut serta dalam Perang Dunia II.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

"Ayah saya hanya memiliki penghasilan 12 dolar (Rp168 ribu). Kami sekeluarga tidak dapat hidup dengan itu, jadi saya mengambil pekerjaan itu. Lalu saya mendapat panggilan dan harus pergi berperang," kata dia, seperti dilansir laman Metro.co.uk.

Pada saat dia kembali, usianya sudah terlambat untuk melanjutkan pendidikan di sekolah menengah. Tapi baru-baru ini, keluarga mengejutkannya dengan menjadikannya lulusan kehormatan, lengkap dengan sertifikat dari SMA lamanya.

Kisah 2 Pemuda Mualaf yang Bikin Geger, Orang Sekampungnya Auto Masuk Islam

Mereka mempersembahkan itu kepada Charles dan mengadakan pesta kecil-kecilan di rumah.

"Ini luar biasa, saya akhirnya berhasil melakukannya. Saya harus menunggu lama untuk itu, tapi saya mengerti,” ujar Charles.

Ketika ditanya apakah berencana untuk kuliah, Charles mengaku bersedia, karena saat ini ia tidak memiliki kegiatan.

"Ini sangat berarti, terutama saat dia melihat semua temannya hadir dalam kelulusannya. Hidup hingga 97 tahun adalah karunia.  Kami senang bisa membuatnya bahagia dengan mewujudkan mimpinya," kata putrinya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya