Berapa Sebaiknya Ukuran Pipa untuk Sanitari Rumah?

Ilustrasi pipa bak cuci piring
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Memilih pipa untuk instalansi air bersih pada rumah tentu memiliki pertimbangan. Terutama, pada ukuran pipa yang cocok ditempatkan di dalam rumah.

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

Commercial Communicated and Support Manager PT Wavin Duta Jaya, Putra Wijaya mengatakan, umumnya pipa untuk instalansi rumah menggunakan pipa jenis PVC berdiameter setengah ini dan 1 inci dengan tipe AW.

"Pada umumnya untuk instalasi air bersih digunakan ukuran pipa polyvinyl chloride (PVC) diameter setengah dan 1 inci tipe AW," kata Putra di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Selasa 18 Juli 2017.

Permudah Kepemilikan Hunian, Bank Mandiri Teken Kerjasama dengan APERSI

Dijelaskannya, pipa PVC berukuran 1" tipe WA ini digunakan sebagai saluran induk air bersih. Di mana, saluran induk itu ditransformasi langsung dari tangki air atau instalansi air bersih (PAM) yang masuk ke dalam rumah.

Kemudian, pada cabang saluran itu menggunakan pipa PVC berukuran setengah tipe AW. Pipa ukuran ini akan mengalirkan air menuju titik-titik keran dan sanitari.

Permintaan Hunian Segmen Premium Tinggi, Sinar Mas Land Luncurkan Trésor di BSD City

"Tetapi, ada juga yang menggunakan seluruh instalasi pipa saluran air bersih dengan diameter setengah, perbedaannya adalah kekuatan tekanan air yang keluar di masing-masing keran," ujarnya. (asp)

Ilustrasi rumah/hunian.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Kebutuhan hunian tentunya terus meningkat. Sementara di DKI Jakarta sebagai ibukota yang padat sudah semakin sulit mendapatkan hunian yang layak karena keterbatasan lahan

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024