Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bersama Pasangan

Membahas keuangan dengan pasangan
Sumber :
  • Elle Beirut

VIVA.co.id – Mengendalikan pengeluaran rumah tangga dengan pasangan terkadang merupakan sesuatu yang sensitif. Terutama jika Anda cenderung berhemat, sedangkan pasangan Anda terlalu boros yang seringkali mengeluarkan uang melebihi dari pendapatannya.

Ciri-ciri Anda Termasuk Istri yang Cerdas Atur Keuangan Keluarga

Bila Anda ingin menyelamatkan rumah tangga Anda dari kebangkrutan, mulai ajak pasangan Anda menabung. Ajak pasangan untuk mengurangi hal-hal yang hanya membuat kantung kering.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan seperti dikutip dari situs Female First.

Keluarga Muda Saat Ini Enggan Berinvestasi Jangka Panjang

Potong kartu kredit

Cara ini cukup relevan, dengan begitu Anda bersama pasangan bisa mengerem pengeluaran. Hal terburuk dari penggunaan kartu kredit apabila seorang hanya mampu memenuhi pembayaran minimum. Idealnya Anda bisa memiliki kartu kredit jika Anda mampu membayar penuh tagihan kartu kredit.

Mau Pernikahan Mewah Tapi Duit Pas-Pasan, Ikuti Cara Ini

Buat anggaran

Jika pasangan Anda seorang yang boros, buatkanlah anggaran untuknya. Mulai kebutuhan sehari-harinya yang terpenting saja.

Menabung

Daripada mengeluarkan uang untuk keperluan tak terlalu penting, lebih baik menabung uang Anda.

Cek tagihan-tagihan

Biasakan untuk mengecek tagihan-tagihan dan bukti pembayaran setelah melakukan transaksi. Kemudian Anda bisa mengevaluasinya seberapa banyak uang yang telah dikeluarkan, apakah pengeluaran itu perlu atau tidak?

Akuntabilitas

Berbicara dengan pasangan tentang apa yang dibeli, apakah mereka benar-benar membutuhkannya? Atau adakah alternatif yang lebih murah? Evaluasi semua pengeluaran yang tidak perlu untuk menunjukkan berapa jumlahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya