Ketika Anak-anak Bule Ikut Lomba 17 Agustusan

Lomba 17 Agustus
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Isra Berlian

VIVA.co.id – Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 72 mulai ramai. Sejumlah sekolah-sekolah di Indonesia, juga menggelar beragam lomba 17 Agustusan. Tak hanya di sekolah negeri, di sejumlah sekolah swasta dengan siswa-siswa anak para ekspatriat, juga ikut meramaikan momen perayaan Hari Kemerdekaan RI.

Antusiasme Warga Papua Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-76

Seperti yang terlihat di Sekolah Dasar Jakarta Intercultural School (JIS). Baik guru, maupun murid-muridnya, ikut berpartisipasi dalam lomba untuk memperingati kemerdekaan RI. Ratusan siswa bersama dengan pengajar di sini pun terlihat antusias.

Sebelum lomba dimulai, ratusan siswa dan guru terlihat mengenakan pakaian berwarna merah dan putih untuk mengikuti prosesi kegiatan upacara pengibaran bendera merah putih, yang dimulai dari kegiatan memainkan alat musik gamelan yang merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa.

Heboh, Keluarga Iis Dahlia Vs The Baldys Bersaing Lomba 17 Agustusan

Yang unik, siswa yang memainkan alat-alat musik ini berasal dari luar negeri, yang begitu mahir dalam mengalunkan musik tersebut.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan kegiatan upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Elsa Donohue yang merupakan Kepala Sekolah JIS untuk sekolah dasar. Dalam upara itu juga diperlihatkan, salah satu murid dengan lantang membacakan teks proklamasi dengan penuh semangat membuat beberapa teman, guru dan wali murid berdecak kagum meskipun masih kental dengan logat aslinya yang menggunakan bahasa Inggris.

5 Resep Kuliner Merah Putih untuk Rayakan HUT RI di Rumah

Saat upacara digelar, seluruh siswa ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Salah satu petugas upacara, yakni Dakota yang merupakan siswa kelas 4 mengaku sangat bersemangat dapat menjadi bagian dari kegiatan ini.

"Saya sangat semangat, tetapi juga sedikit nervous di awal tapi setelah itu sangat enjoy dengan kegiatan ini," ungkapnya, saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan beragam lomba khas Indonesia, seperti lomba balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, bakiak, joget jeruk, kelereng dan sendok, bentengan dan lompat tali yang sangat menarik perhatian siswa dan guru-guru.

Dari sekian banyak kegiatan, lomba makan kerupuk dan tarik tambang yang paling menyita perhatian anak-anak tersebut, mungkin ini disebabkan permainan yang dilakukan oleh mereka belum pernah mereka temukan di negara asalnya. Selama kegiatan perlombaan digelar, lagu anak-anak khas Indonesia ikut diputar.

Dakota, salah satu siswa pun mengutarakan kesenangannya karena dapat mengikuti beberapa pertandingan hari ini.

"Kami sangat senang, untuk anak-anak Indonesia harus senang dan gembira seperti kami saat ini yang mengikuti kegiatan hari ini. Happy Independence day Indonesia," paparnya.

Keseruan juga dialami oleh Adam, siswa kelas 3 Sekolah Dasar yang ikut mengambil bagian dalam lomba tarik tambang. "Sangat seru dan asik," paparnya.

Kepala Sekolah JIS untuk Sekolah Dasar, Elsa Donohue menyatakan, bahwa tiap tahun tepat di momen perayaan Hari Kemerdekaan RI, pihaknya selalu rutin mengadakan kegiatan lomba. Tak hanya itu, seluruh anak dari berbagai negara pun, diwajibkan ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Antusias siswa untuk ikut memeriahkan ragam kegiatan khas yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika bulam Agustus sangat terasa. Melakukan upacara penaikkan bendera, ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan juga berpartisipasi dalam lomba khas 17 Agustus yang kental bagi masyarakat Indonesia," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya