Potong Kerbau, Simbol Kebesaran Pernikahan Bobby-Kahiyang

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.
Sumber :
  • Putra Nasution/MEdan

VIVA – Pemotongan hewan kerbau baru saja dilakukan sebagai pembuka rangkaian acara adat ngunduh mantu Kahiyang dan Bobby Nasution, Jumat, 24 November 2017.

Ayunya Lima Seleb Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan

Dalam adat Mandailing, pemotongan hewan ini disebut Manalpokkon Lahananhorja. Artinya, memotong kerbau yang disaksikan para raja dan kedua adat setempat. 

Berdasarkan reportase tvOne, pemotongan kerbau ini dimaksudkan sebagai simbol kebesaran keluarga Bobby Nasution. Nantinya kepala kerbau akan dipasang di depan rumah, di mana pesta diselenggarakan.

Menteri Kabinet Kerja Bahas Pernikahan Kahiyang dan Bobby

Pemotongan kerbau ini dilakukan sejak pukul 06.00 di samping kediaman Bobby di perumahan BHR Tasbi, Medan, Sumatera Utara. Pemotongan kerbau disaksikan oleh keluarga Bobby Nasution, ada adik dari mendiang ayah Bobby yaitu Erwan Nasution yang memimpin prosesi pembuka dan didampingi para tetua adat.

Ada 10 ekor kerbau yang dibawa oleh para tetua adat dari suku Mandailing. 

Jokowi Minta Maaf ke Warga Medan 

Setelah prosesi ini rencananya akan berlangsung Gordang Sambilan (gendang berukuran besar) yaitu seni khas yang selalu ada pada adat pernikahan suku Mandailing. Selama berlangsung nantinya keluarga akan berkumpul di panggung dan melakukan Manortor diiringi bunyi gendang. (ase)

Kapolda Sumut Irjen Pol. Paulus Waterpauw.

Gawe Jokowi Aman, Kapolda Sumut Dapat Apresiasi

Pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2017