Ada Prosesi Usir Roh Jahat di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Pesta Adat Mandailing Bobby Nasution - Kahiyang Ayu
Sumber :
  • Youtube.com

VIVA – Pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution digelar hari ini. Prosesi Manalpokkan Ni Horja atau adat penyembelihan kerbau dilanjutkan dengan menggelar Manyantan Gordang Sambilan Dohot Gondang.

Nyoblos Ditemani Kahiyang Ayu, Bobby Nasution: Semoga Pemilu Berjalan Lancar

Acara adat etnis Mandailing itu digelar di kediamanan Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi) di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara, Jum'at 24 November 2017. Ketua Sutan Raja Pinayungan, Hendrisyah Harahap mengatakan, acara Manyantan Gordang Sambilan Dohot Gondang merupakan prosesi pemukulan gondang.

"Acara ini dalam adat adalah untuk mengusir roh-roh jahat untuk kesuksesan acara ini berlangsung," kata Hendrisyah di Medan, Sumatera Utara, Jumat, 25 November 2017.

TERPOPULER: Respons Maia Estianty Bertemu Laura Moane dan Potret Anggun Kahiyang Ayu Berhijab

Dia menjelaskan, usai menggelar proses adat tersebut, dilanjutkan dengan tarian adat atau manortor oleh suhut bolon. Ia mengungkapkan suhut bolon menjadi manortor pertama yang dilaksanakan di acara adat hari ini.

"Manortor diikuti oleh para pihak keluarga," ujar Hendrisyah.

Potret Anggun Kahiyang Ayu Pakai Hijab Temani Bobby Nasution Bekerja

Ia mengatakan, tujuan manortor itu adalah memberikan penghormatan kepada para tamu undangan yang telah hadir. Dalam acara itu juga dihadiri oleh kelompok keluarga, di antaranya Kahanggi Pariban atau Pariban semarga, Raja Nasution, Raja Lubis, Raja Panusunan, Namora Nisuhut dan terakhir Namora Kahanggi Pariban.

"Kita persembahkan prosesi adat ini, untuk kebahagiaan kedua pengantin baru itu," ucapnya.

Walikota Medan, Bobby Nasution dan istrinya, Kahiyang Ayu saat mencoblos di TPS 34, di Komplek Tasbi, Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Prabowo-Gibran Sapu Bersih Suara di TPS Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Nyoblos

Capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Gibran menyapu bersih kemenangan di TPS 34 Blok VV, tempat Wali Kota Medan Bobby Nasution mencoblos

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024