Kerabat dan Masyarakat Turut Bantu Ngunduh Mantu Kahiyang

Pesta Adat Mandailing Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu.
Sumber :
  • Youtube.com

VIVA – Rangkaian acara ngunduh mantu Bobby Nasution dan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu sudah mulai digelar sejak beberapa hari lalu.

Bobby Nasution Minta Maaf ke Ijeck dan Golkar Sumut Usai Bertemu Airlangga di Jakarta

Setelah acara Haroan Boru dan Mangalehan Marga atau pemberian marga Siregar kepada Kahiyang pada 21 November 2017 lalu, masih ada deretan prosesi adat yang menanti. Pesta adat itu dimulai sejak pagi hari tadi, Jumat, 24 November 2017 di kediaman keluarga Bobby di Medan, Sumatera Utara.

Acara dimulai dengan Manalpokkon Lahan ni Horja atau pemotongan kerbau sebagai simbol adat Batak Mandailing tertinggi. Dilanjutkan dengan Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan. Ada pula Manortor atau menari Tor-tor yang dilakukan oleh para tetua adat di sana.

PDIP Ogah Usung Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Hasto: Garis Politiknya Sudah Beda

Siang hari ini, acara dilanjutkan dengan prosesi Manarimo Tumpak atau Marlongit yang dijadwalkan mulai dilakukan pada pukul 14.00 WIB.

Dikutip dari berbagai sumber, dalam adat suku Batak Mandailing, Manarimo Tumpak artinya menerima kedatangan kahanggi atau kerabat satu marga, anak boru dan kelompok masyarakat etnik yang akan mengantarkan bantuan secara adat.

Diberi Mandat Golkar Maju di Pilgub Sumut, Bobby Nasution Belum Ketemu Ijeck

Bantuan secara adat dalam prosesi Manarimo Tumpak dilakukan sebagai tanda turut bergembira dalam acara ngunduh mantu Bobby dan Kahiyang. Prosesi ini juga bermakna sebagai wujud masyarakat yang bergotong royong.

Dave Laksono.

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono menegaskan bahwa menantu Presiden Jokowi sekaligus Wali Kota Medan Bobby Nasution sudah mendapatkan surat tugas maju di Pilgub Sumut.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024