Kahiyang Kelelehan Duduk Bersimpuh, Jan Ethes Ketiduran

Puncak Pesta Adat Mandailing Kahiyang Ayu Bobby Nasution
Sumber :
  • Youtube.com

VIVA – Setelah menjalani prosesi Tapian Raya Namartua, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution digiring sampai ke gelanggang untuk ditabalkan gelar adat dengan cara mengulos atau diberi kain ulos.

Nyoblos Ditemani Kahiyang Ayu, Bobby Nasution: Semoga Pemilu Berjalan Lancar

Supaya pemberian gelar adat membawa berkah bagi keduanya, dilakukanlah prosesi Upah-upah oleh Datuk Pangupah. Dalam acara adat ini, Kahiyang dan Bobby serta keluarga kedua pihak duduk di atas tikar.

Prosesi dilanjutkan dengan Ajar Poda, yaitu petuah dan nasihat upacara perkawinan dari ibudan Bobby, Ade Hanifah dan Jokowi kepada Bobby dan Kahiyang. Setelah itu, acara ditutup dengan meneriakkan, 'Horas' sebanyak tiga kali dan manyoda gondang, yakni tanda gondang tidak boleh dibunyikan lagi.

TERPOPULER: Respons Maia Estianty Bertemu Laura Moane dan Potret Anggun Kahiyang Ayu Berhijab

Pada acara adat ini, Kahiyang tampak kelelahan duduk bersimpuh. Akhirnya, putri semata wayang Jokowi itu, duduk miring dengan kedua kaki berlipat di kanan belakang.

Sementara Jan Ethes, cucu Joko Widodo yang ikut hadir dalam acara prosesi adat itu juga terlihat tertidur. Bocah dalam balutan jas abu-abu yang belum genap berusia dua tahun itu tertidur di pangkuan ibunya, Selvi Ananda.

Potret Anggun Kahiyang Ayu Pakai Hijab Temani Bobby Nasution Bekerja

Seiring dengan acara itu, tamu masih terus berdatangan. Hari ini, jumlah tamu undangan diperkirakan mencapai 5.000 orang. Beberapa pejabat yang datang, di antaranya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution serta beberapa tokoh adat.

Walikota Medan, Bobby Nasution dan istrinya, Kahiyang Ayu saat mencoblos di TPS 34, di Komplek Tasbi, Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Prabowo-Gibran Sapu Bersih Suara di TPS Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Nyoblos

Capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Gibran menyapu bersih kemenangan di TPS 34 Blok VV, tempat Wali Kota Medan Bobby Nasution mencoblos

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024