Sering Telat Haid Jangan Sepelekan 4 Gangguan Menstruasi Ini

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Luxstorm

VIVA – Menstruasi menjadi hal yang lumrah terjadi bagi setiap wanita. Namun, ada saat-saat di mana menstruasi menunjukkan tanda tubuh sedang mengalami suatu masalah.

Waspada Jika Sering Keluar Gumpalan Darah Saat Menstruasi

Selalu perhatikan siklus menstruasi Anda. Sebab, siklus menstruasi seringkali menjadi pertanda saat menstruasi yang dijalani tidak lagi sehat. Berikut beberapa permasalahan menstruasi yang sebaiknya diperhatikan dikutip dari laman Reader's Digest.

1. Siklus yang tidak sesuai

Normalkah Siklus Menstruasi Anda? Kenali Ciri-cirinya

Biasanya, siklus menstruasi terjadi setiap 25 sampai 30 hari dengan masa menstruasi selama 3 sampai 7 hari. Jika ada perubahan pada jadwal siklus ada momen menstruasi, ini patut diwaspadai.

Masalah kesehatan yang cukup parah bisa mengintai seperti PCOS, gangguan tiroid, atau masalah lainnya. Namun biasanya, gangguan tiroid menjadi permasalahan utama pemicu perubahan siklus menstruasi.

Nyeri dan Perdarahan Berlebih Tandai Gangguan Menstruasi

Wanita alami menstruasi.

2. Tidak menstruasi selama 90 hari

Sumber utama Anda tidak juga mengalami menstruasi selama ini karena sedang hamil atau perimenopause jika Anda di usia 40 sampai 50 tahun. Jika usia Anda lebih dari 51 tahun, mungkin saja ini pertanda Anda mengalami menopause dini.

Masalah lainnya yang mungkin mengintai seperti penyakit menular seksual, gangguan hormon, adanya penurunan berat badan drastis, atau bahkan terlalu banyak berolahraga.

Ilustrasi wanita menstruasi.

3. Pra menstruasi sangat mengganggu aktivitas

PMS biasanya terjadi 5 sampai 7 hari sebelum masa menstruasi dan berakhir saat darah menstruasi keluar. Biasanya, keram perut dan rasa tidak nyaman menjadi PMS yang paling sering dirasakan. Serta perasaan depresi, mood swing, kembung, serta sakit kepala.

Sebanyak 40 persen wanita mengalami PMS yang berdampak pada gaya hidupnya. Bahkan, hingga 8 persen wanita mengalami gangguan pra menstruasi disforia yang memerlukan bantuan tenaga medis.

Kram dan nyeri yang berlebihan saat mens atau disebut dismenore, jangan disepelekan. Jika Anda sudah mengonsumsi obat pereda nyeri dan masih terasa sakit, mungkin ada permasalahan lain seperti uterine fibroid atau endometriosis.

Ilustrasi nyeri saat menstruasi.

4. Menstruasi lebih dari 7 hari

Jika momen menstruasi melebihi 7 hari, ini bisa disebabkan oleh perdarahan menstruasi berlebihan atau menorage. Di mana, itu dipicu oleh adanya perubahan hormon, polip, atau fibroid di uterus serta keguguran. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya