Jintan Bisa Sembuhkan Diare Itu Mitos

jinten
Sumber :
  • inmagine

VIVA – Jinten atau jintan adalah salah satu bumbu rempah yang terkenal di dunia karena bijinya yang wangi, rasanya yang pedas, dan sifatnya yang panas. Dikenal sebagai habbatussauda, jintan kerap disebut-sebut bisa menyembuhkan segala penyakit. Benarkah?

Tips Bugar Ala Wanda Hamidah Hingga Fira Basuki

dr. Verawati Sudarma, MGizi, SpGK yang hadir dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne pada Kamis, 10 Mei 2018 menjelaskan, jika dilihat dari kandungannya, jintan, terutama jintan hitam punya antioksidan yang sangat tinggi. 

"Sementara baik jintan hitam dan putih punya protein dan lemak bagus yang sangat tinggi, seperti pada biji-bijian lainnya," kata Verawati.

Wow, Inilah Manfaat Habbatussauda yang Jitu Turunkan Berat Badan

Dia menambahkan, jintan memang baik untuk melancarkan Buang Air Besar (BAB). Penelitian yang pernah dilakukan kepada tikus mengatakan, jintan yang ditumbuk menjadi bubuk, seratnya lebih tinggi dan kadar elektrolitnya bagus. Seperti kita tahu, serat baik untuk pencernaan.

AHS Jinten

4 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Menurut Pandangan Medis

Namun, anggapan khasiat jintan yang bisa sembuhkan diare justru adalah mitos. Penelitian yang sudah ada masih pada tikus, belum pada manusia. 

"Berdasarkan penelitian tadi, frekuensi diare pada tikus memang berkurang, tapi tak ada pada manusia," katanya.

Namun, jintan termasuk biji-bijian yang jika dibuat ekstrak dengan cara ditumbuk punya kandungan serat yang bisa mengurangi diare. Jintan bisa digunakan ke dalam makanan atau diolah untuk menjadi teh, bahkan bisa dicampurkan ketika memasak nasi. Cukup satu sendok saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya