Minum Minyak Kayu Putih untuk Obat, Aman Nggak Sih?

Minyak kayu putih
Sumber :
  • Health Guide

VIVA – Tanaman kayu putih sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, di mana ekstrak daunnya bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih yang berkhasiat untuk obat masuk angin, keseleo hingga gigitan serangga.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Daun kayu putih mengandung minyak atsiri terdiri dari sineol 50-65 persen, alfa-terpineol, alfa-pineria, carvacrol, valeraldehida, benzaldehida, limoncna, dan melaleucin. Sedangkan buahnya mengandung tanin.

Kulit pohon tanaman ini mengandung lignin dan melaleucin. Melaleucin berkhasiat sebagai analgesik, diaforetik, desinfektan, ekspektoran, dan antispasmodic. Hampir semua bagian dari tanaman kayu putih mulai dari kulit batang, daun, ranting dan buah kayu putih dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Namun, ada orang yang sengaja meminum minyak kayu putih ini layaknya minum jamu karena yakin bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Apakah anggapan ini benar adanya?

Menurut dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK, minyak kayu putih memang dapat membantu meredakan beberapa gangguan kesehatan ringan, tapi jika untuk diminum belum ada penelitian yang membuktikan manfaatnya.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Ayo Hidup Sehat - Minyak Kayu Putih

"Jika ada nyeri-nyeri kecil pada tubuh, bisa digosokkan tapi bukan diminum. Kalau diminum justru dikhawatirkan bisa menimbulkan iritasi (di saluran cerna) karena minyak kayu putih juga mengandung zat racun," kata dr. Christopher di acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 11 Mei 2018.

Pada prinsipnya, untuk memperoleh manfaat optimal dari minyak kayu putih, pengaplikasiannya harus dioleskan ke permukaan kulit, bukan diminum.

"Minyak kayu putih menyebabkan efek relaksasi karena aromanya. Misalnya pada sakit kepala atau leher kaku, nyeri itu bisa diatasi dengan digosokkan minyak kayu putih, tapi bukan diminum,” katanya.

Sejumlah kalangan masyarakat juga menggunakan minyak kayu putih untuk mengobati luka. Ditegaskan dr. Christopher, hal ini justru berpotensi menimbulkan infeksi. "Hati-hati, ini justru bisa menyebabkan infeksi dan iritasi pada luka yang terbuka," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya