Ini Jenis dan Waktu yang Tepat Olahraga saat Puasa

Ilustrasi Pelari
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA – Umat muslim saat ini sedang menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Selama Ramadan, perubahan pola makan yang tadinya tiga kali sehari menjadi dua hari sekali.

Semarak PON XX Papua, Ini 5 Rekomendasi Olahraga Ringan di Rumah

Terkadang pola makan yang salah pada saat berbuka dan sahur membuat tubuh mereka tidak fit. Hal itu membuat mereka kadang mengalami gangguan kesehatan saat puasa. Salah satu langkah untuk membuat tetap fit selama bulan Ramadan adalah mengatur menu makan saat sahur dan berbuka.

"Untuk menu sahur usahakan mengonsumsi karbo kompleks seperti nasi merah. Hindari juga mengonsumsi makanan manis, untuk berbuka hindarkan untuk mengonsumsi gorengan jenis apapun," kata Dokter spesialis gizi klinik yang juga melayani konsultasi lewat Halodoc, dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK saat ditemui VIVA baru-baru ini di kawasan Jakarta Selatan.

Lakukan 5 Olahraga Ini agar Tetap Sehat Selama Ramadan

Selain mengatur menu makanan saat sahur dan berbuka, dia juga menyarankan untuk tetap melakukan olahraga agar tubuh tetap fit selama Ramadan.

"Olahraga juga tetap dilaksanakan tetapi selama Ramadan. Tapi tidak seperti biasanya lebih ke olahraga ringan yang tadinya satu jam jadi setengah jam," kata dia.

Menteri Agama Ingatkan Ormas Razia saat Ramadan Berpotensi Kerawanan

Untuk jenis olahraganya, dia menyarankan melakukan beberapa olahraga ringan seperti aerobic ringan, angkat beban ringan hingga joging santai. Sedangkan waktu yang disarankan untuk melakukan olahraga adalah menjelang waktu berbuka.

"Tidak disarankan saat tengah hari, disarankan mendekati buka puasa atau setelah buka puasa. Kalau setelah subuh tidak disarankan," kata dia.

Dia juga tidak menyarankan untuk tidur seusai santap sahur. Karena energinya banyak kalau tidur enggak terpakai. "Jadi aktivitas seperti biasa saja," tutur Jovita. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya