Hati-hati, Kandungan dalam Pasta Gigi Bisa Picu Kanker

Pasta gigi
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Siapa sangka, hal yang dianggap mampu mematikan kuman bakteri justru mampu memicu pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat.

Jangan Pakai Pasta Gigi, Begini Pertolongan Pertama Luka Bakar

Sebuah studi menemukan bahwa bahan antimikroba, triclosan, yang umum terdapat dalam sabun batangan dan pasta gigi, bisa mengubah bakteri dan meningkatkan risiko kanker kolon. 

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine menunjukkan bahwa perawatan jangka pendek dengan triclosan dosis rendah menyebabkan peradangan kolon atau usus besar sehingga memperparah perkembangan penyakit kolitis dan kanker kolon yang berhubungan dengan kolitis pada tikus percobaan.

6 Pengobatan Rumahan yang Mudah dan Efektif Atasi Sariawan

"Temuan ini, untuk pertama kalinya, menunjukkan bahwa triclosan bisa memiliki efek merusak pada kesehatan usus," ujar Guodong Zhang dari University of Massachussetts Amherst seperti dilansir laman Times of India.

Para peneliti mengatakan, triclosan merupakan satu di antara bahan antimikorba yang paling banyak digunakan dan ditemukan pada lebih dari 2.000 produk harian. 

Amankah Balita Gunakan Pasta Gigi Berfluoride?

Para peneliti telah menginvestigasi efek triclosan pada peradangan usus besar dan kanker kolon menggunakan beberapa model tikus.

Pada semua model tikus, agen antimikroba tersebut memicu peradangan kolonik dan tumorigenesis kolon.

Siwak

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Siwak atau disebut juga miswak adalah batang dari pohon arak (Salvador persica) yang termasuk dalam kategori semak belukar.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2021