Tak Terduga, 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Kaya Probiotik

Ilustrasi Yoghurt. Bakteri probiotik biasanya terdapat dalam yoghurt.
Sumber :
  • Pixabay/ ponce_photography

VIVA – Kesehatan sistem pencernaan sangat penting untuk menyokong kesehatan tubuh secara menyeluruh. Salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan yaitu dengan mengonsumsi makanan penguat imunitas tubuh yang berasal dari probiotik alami.

dr Zaidul Akbar: Usahakan Ada 5 Hal Ini dalam Makanan Kita Tiap Hari

Usus menjadi salah satu organ di sistem pencernaan yang berperan penting. Di dalam usus, terdapat bakteri alami yang baik dalam menjaga dari kuman jahat, mencerna makanan untuk menjadi bahan energi, membuat vitamin, dan bahkan mengontrol mood.

Jika keseimbangan bakteri jahat dan baik mengalami gangguan, tak jarang tubuh mulai alami masalah seperti konstipasi, buang gas terus menerus, diare kronis, bau mulut, hingga kembung dan perut kram. Sistem imun tubuh juga menurun dan memicu mudahnya bakteri membuat tubuh sakit.

5 Cara Alami Bikin Kulit Glowing Hingga Cegah Penuaan Dini

Ketidakseimbangan bakteri di usus biasanya dipicu oleh beberapa hal seperti gula, antibiotik, alkohol, jarang menjalani aktivitas fisik, merokok, dan tidak mendapatkan durasi tidur yang baik. Sehingga, mengonsumsi probiotik sangat disarankan bagi tubuh dalam menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Berikut beberapa sumber probiotik alami yang baik untuk tubuh.

1. Acar

Anak Susah Makan, Begini Cara Mengatasinya

Acar modern yang terbuat dari cuka memang tidak memiliki kandungan probiotik. Tapi, Acar tradisional yang dibuat dari garam, air dan kemudian difermentasikan, mengandung probiotik baik. Ia juga memberikan sumber vitamin K dan kalori yang rendah.

2. Yogurt

Banyak variasi dari yogurt yang bisa menjadi pilihan. Namun, kebanyakan dari kemasan yogurt yang berwarna, mengandung banyak gula.

Usahakan memilih yogurt dengan tanpa tambahan rasa. Pastikan melihat kandungan yogurt di kemasan sebelum membeli agar makanan ini mampu memberi efek baik probiotik.

3. Kimchi

Makanan khas korea ini terbuat dari sawi yang sudah dibumbui oleh bawang putih, cabai merah, jahe, garam, dan sebagainya. Bakteri baik di kimchi membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik dan terlebih mengandung vitamin, mineral, dan zat besi.

4. Cokelat hitam

Cokelat jenis ini mengandung serat dan probiotik baik dengan memberi efek antiinflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan. Pastikan anda konsumsi cokelat hitam dengan kandungan 70 persen kakao. Konsumsi maksimal dua potong sedang cokelat hitam dalam sehari.

5. Tempe

Makanan ini sudah dikenal oleh seluruh masyatakat Indonesia sebagai makanan hasil olahan kacang kedelai. Tempe mengandung sumber probiotik yang mengandung banyak protein. Dalam 3 ounce penyajiannya, terdapat 16 gram protein yang bermanfaat untuk tubuh.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya