Tips Mudik Aman dari Kementerian Kesehatan

Sorot Jalur Mudik - Pengecekan kelaikan armada untuk Mudik Lebaran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA – Tradisi rutin masyarakat Indonesia setiap menjelang hari raya adalah kembali ke kampung halaman atau dikenal dengan istilah mudik.

WNI dari Wuhan di Natuna DIberi Trauma dan Political Healing

Momen ini menjadi sangat penting bagi sebagian besar masyarakat muslim di Indonesia. Karena itu, untuk menghadapi mudik diperlukan persiapan khusus agar dapat berjalan lancar dan menyenangkan.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama Pemerintah berpartisipasi dan mendukung kelancaran mudik pada tahun ini dengan bersama-sama memperhatikan kesehatan dan keselamatan masing-masing," ujar Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek dalam acara Ngabuburit Sehat Bareng Menteri Kesehatan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Selasa sore 5 Juni 2018 dikutip dari rilis Kemenkes RI.

Menkes Ingin Indonesia Mandiri di Bidang Peralatan Kesehatan

Nila Moeloek menyerukan agar para pemudik, pengemudi dan masyarakat umum lainnya memperhatikan 15 Pesan Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat, yaitu Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik, kemudian periksa kondisi kelayakan kendaraan.

Selain itu tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi, Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama empat jam, serta Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk.

Kemenkes: Tak Benar Menkes Dipanggil KPK karena RSCM

Menkes juga menekankan pemudik agar Disiplin dan patuh rambu lalu lintas, Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk, kendaraan tidak melebihi muatan yang layak.

Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara, dan Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.

Tak hanya itu, disarankan agar cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan, konsumsi makanan dan minuman yang sehat, buanglah sampah pada tempatnya, tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia; dan  bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.

“Pesan saya, bagi para pemilik kendaraan, bus, mobil, dan motor harus di cek terlebih dahulu sebelum berangkat," pesan Menkes.

Menkes menyatakan bahwa sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor saat mudik. Namun, bila terpaksa menggunakan sepeda motor, harus membatasi barang bawaan dan menjadwalkan istirahat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya