Wow, Kini Kadar Stres Bisa Dideteksi Lewat Air Liur

Wanita gelisah karena rezekinya kurang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kewalahan dengan pekerjaan merupakan salah satu bentuk dari stres. Saat pekerjaan Anda mulai mempengaruhi secara mental, emosional, dan mental, seperti Anda menyadari diri Anda menanyakan kapabilitas dan nilai dari pekerjaan Anda, maka Anda mengalami kelelahan yang amat sangat terhadap pekerjaan.

Pekerja Kantor Rentan Alami Gangguan Kepribadian, Waspadai Sikap Ini

Banyak orang yang mengalami hal ini pada satu titik dalam karier mereka. Jika Anda merasa mengalaminya, Anda bisa melihatnya dari air liur Anda.

Dilansir dari laman Times of India, uji air liur, yang dibuat oleh para peneliti Australia, adalah cara untuk memeriksa keberadaan kortisol di dalam air liur, yaitu hormon yang melawan stres. Jika Anda memiliki tingkat stres yang tinggi, Anda juga akan memiliki kadar kortisol yang tinggi di dalam air liur karena kortisol membantu tubuh Anda melawan peradangan.

7 Trik Mengelola Kecemasan dan Stres Saat Bekerja di Wabah Corona 

Tes pendahuluan yang menggunakan saliva sebagai alat untuk mengindikasikan tingkat stres di dalam tubuh dianggap lebih akurat dibandingkan dengan tes darah yang dibuat lebih dulu. Bahkan, uji air liur ini bisa 100 persen akurat dalam mendeteksi stres.

Pria juga bisa alami stres.

5 Trik Cegah Stres di Tempat Kerja

Studi yang melakukan rangkaian tes ini dilakukan oleh Medical University of Vienna. Dari 66 partisipan dalam studi, 40 menunjukkan mengalami kelelahan bekerja.

Sebelum studi ini, beberapa studi sebelumnya untuk memetakan stres seringkali memfokuskan pada pembacaan di pagi hari. Namun, dalam studi ini, contoh air liur dikumpulkan pada berbagai waktu selama sehari antara pukul 11.30-12.30. Orang yang memiliki angka stres paling tinggi mengalami peningkatan pada kedua interval waktu tersebut.

Ilustrasi meditasi

3 Cara agar Meditasi Bisa Redakan Stres

Jadwal meeting yang padat dan banyak deadline, tak jarang membuat kita mudah stres. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya adalah dengan meditasi.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022