Wajib Tahu Bahaya Vitamin C Bagi Lambung

Ilustrasi suplemen vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tubuh membutuhkan sumber nutrisi mikronutrien untuk beragam manfaat baik. Salah satu bentuk sumber mikronutrien yang dibutuhkan merupakan vitamin.

5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sumber vitamin C salah satunya, bisa berasal dari buah dan sayur seperti buah-buahan citrus dengan rasa asam dan warna oranye atau kuning serta brokoli. Tubuh yang mengonsumsi vitamin C bisa mendapatkan beragam efek baik.

"Vitamin C mengandung antioksidan yang membantu kesehatan kulit dalam membentuk kolagen. Vitamin C juga membantu mengurangi risiko gejala sariawan dan flu," ujar Spesialis Gizi Klinis, dr. Marya Haryono SpGK dalam peluncuran Oronamin C Drink, di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta, Kamis 5 Juli 2018.

Perlukah Konsumsi Vitamin C 1000 Saat Kondisi Tubuh Sedang Fit?

Sistem metabolisme juga bisa menjadi semakin lancar dengan konsumsi vitamin C. Sama halnya dengan vitamin B yang berkaitan dengan metabolisme tubuh.

"Vitamin B berperan pada metabolisme tubuh, meningkatkan proses pembentukkan energi tubuh, dan fungsi saraf," kata dia.

Bahaya Konsumsi Antioksidan Jika Tak Sesuai Kebutuhan

Namun, khusus untuk vitamin C, sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan bagi pemilik lambung yang sensitif terhadap asam. Sebab, hal ini bisa memicu bahaya jika dipaksakan mengonsumsinya.

"Kalau tipikal lambung yang sensitif terhadap kadar asam, coba vitamin C tidak dikonsumsi terlalu berlebihan. Tapi seharusnya, pemilik lambung sensitif bisa mengendalikan kesehatan lambungnya dulu," ujarnya. (je)

Wajah glowing bikin tambah percaya diri

Rahasia Turun-temurun Dapatkan Kulit Cerah dan Glowing

Kulit cerah dan glowing merupakan impian banyak wanita. Tetapi biasanya, membutuhkan waktu yang lama untuk membuat kulit menjadi cerah dan glowing. 

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2022