Bahaya yang Bakal Mengancam Bila Sering Kerja Lembur

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Di antara para pekerja, lembur bukan hal asing dilakukan. Ada Sejumlah alasan yang melatarbelakangi pekerja harus lembur dalam bekerja, bisa karena mengejar deadline, ingin mendapatkan uang tambahan, menunjukkan komitmen kepada atasan, pekerjaan yang diberikan terlalu banyak, atau mungkin memiliki manajemen waktu yang buruk.

Awas, Olahraga Berlebih Bisa Ancam Nyawa

Berdasarkan keterangan terbaru dari Organisasi Buruh Internasional atau International Labour Organization (ILO), Asia merupakan benua dengan jumlah pekerja yang lembur paling lama. Sebagian besar negara, sebanyak 32 persen tidak memiliki batas maksimum jam kerja mingguan, dan sekitar 29 persen negara memiliki batas maksimum kerja yang tinggi (60 jam atau lebih selama seminggu).

Sementara itu, hanya 4 persen negara yang mematuhi rekomendasi ILO dalam menetapkan standar ketenagakerjaan internasional maksimum, yaitu 48 jam atau kurang selama sepekan. Namun apapun alasannya, kamu jangan sering lembur. Sebab, ada beberapa dampak buruk yang menghantui pekerja yang terlalu sering lembur.

5 Khasiat Hebat Bawang Merah, Obati Jerawat hingga Cegah Kanker

kerja lembur

Hati-hati, Kerja Lembur Bisa Bikin Stres dan Gangguan Jantung

Kerja lembur juga berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi, stres, dan pola makan tidak sehat yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2021