4 Manfaat Mandi Air Dingin, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Mandi air dingin bisa tingkatkan sirkulasi darah.
Sumber :
  • Pixabay/Olichel

VIVA – Dengan dalih tak mau kedinginan, sebagian orang memilih mandi menggunakan air hangat ketimbang air dingin. Memang, mengguyur tubuh dengan air hangat, dapat memberi sensasi relaks bagi tubuh.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Tapi bukan berarti mandi dengan air dingin minim manfaat, lho. Seperti dilansir Runtastic, beberapa keuntungan berikut ini akan Anda dapatkan dari mandi menggunakan air dingin.

1. Air dingin meningkatkan sirkulasi darah
Jika Anda mengalami lemah semangat di pagi hari, mandilah air dingin. Anda akan melihat bagaimana guyuran air mengusir rasa malas, kemudian membangkitkan gairah Anda.

Mimpi Basah dan Keluar Air Mani di Siang Hari Bisa Batalkan Puasa? Begini Kata Buya Yahya

Air dingin meningkatkan sirkulasi darah, yang mengarah ke permintaan oksigen yang lebih tinggi. Mekanisme ini juga mampu menghilangkan kelelahan.

2. Meningkatkan kesehatan
Mandi air dingin di pagi hari tak hanya memperbaiki sirkulasi darah. Pertemuan antara suhu dingin dari air dan suhu hangat tubuh, mampu menyempitkan dan melebarkan pembuluh darah, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa air dingin mengurangi otot yang sakit dan mendukung pemulihan setelah olahraga.

Kerap Melihat Gadis sedang Mandi, Kakek di Garut Tak Tahan Berbuat Cabul

3. Mandi air dingin membantu mengobati depresi
Sebuah studi oleh Virginia Commonwealth University School of Medicine menunjukkan bahwa mandi air dingin memiliki manfaat lain. Air dingin memberi efek positif pada orang yang menderita depresi, dengan mengirimkan lebih banyak impuls listrik ke otak, yang dapat membantu meringankan depresi.

4. Menstimulasi penurunan berat badan
Menurut beberapa penelitian, air dingin bekerja cukup ajaib yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Manusia memiliki jaringan lemak cokelat dan putih. Lemak cokelat adalah lemak “baik” yang membuat kita tetap hangat ketika terpapar oleh dingin.

Lemak putih, sebaliknya, disimpan ketika kita mengonsumsi lebih banyak lemak daripada yang kita butuhkan. Ini adalah lemak yang menyebabkan obesitas. Jika Anda mandi air dingin, lemak cokelat diaktifkan, sehingga konversi lemak tubuh meningkat dan mulai membakar kalori. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya