Lakukan 3 Hal Ini Jika Ingin Sukses jadi Vegetarian

Ilustrasi makanan vegetarian.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bukan hal yang mudah menjalani gaya hidup sehat. Bahkan, bukan hal yang mudah pula untuk menjalani hidup sebagai vegetarian. Namun, kebanyakan orang yang ingin tampil dengan tubuh ideal, seringkali memutuskan menjadi vegetarian. Menolak mengonsumsi daging dan memilih untuk lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Namun tahukah Anda, memutuskan menjadi vegetarian perlu proses. Sebab bagaimanapun, tubuh tetap membutuhkan protein hewani. Dan pada kenyataannya peralihan menjadi seorang vegetarian sangatlah sulit. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memulai hidup sebagai vegetarian, mungkin bisa mengikuti beberapa saran dari Head of Health Committe Nutrifood, Moch. Aldis Rusliadi, SKM, CNWC saat ditemui dalam acara media gathering Nutrifood di Bavarian Haus, Bogor, Jawa Barat.

1. Belajar perlahan kurangi konsumsi daging

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Aldis mengutarakan untuk pemula yang ingin mencoba menjadi vegetarian, bisa perlahan mengganti protein dari daging merah menjadi daging putih.

"Saya sarankan karena asupan protein kita orang Indonesia itu kurang, kalau bisa gizi seimbang saja dulu. Tapi kalau mau coba bisa mengarah ke sana pelan-pelan dengan beralih dari daging merah diganti ke daging ayam putih jadi bertahap," katanya.

Sehat Tanpa Rekayasa Genetik

Atau, bisa juga mengganti proteinnya dengan susu atau telur. "Pelan-pelan saja dan itu panjang enggak bisa langsung dalam sebulan," kata dia.

2. Liat urgensi

Dia menjelaskan untuk seseorang yang memang ingin menjadi vegetarian memang ada baiknya mengenali kondisi tubuhnya sendiri. Harus tahu apa risikonya, dan apa tujuannya.

"Tahu risiko dan urgensinya dan balik lagi, sanggup apa enggak. Banyak orang yang gagal karena dia sulit beralih dari daging. Dia suka banget sama daging dan lingkungannya yang memang suka makan daging membuat dia sulit untuk itu, maka dilihat dulu urgensinya bisa apa enggak, dan yang tahu itu kita sendiri," jelas dia.

3. Konsultasi ke ahli gizi atau dokter

Jangan gegabah untuk menjadi vegetarian. Akan lebih baik, konsultasikan keputusan Anda ke ahli gizi. Ini lantaran besarnya tantangan yang dihadapi terutama bagi vegetarian yang berasal dari Jakarta.

"Kalau bisa dikonsultasikan gimana cara kombinasikan makanan, karena memang ini tantangan. Apalagi di Jakarta seperti harga mahal kalau mau masak makanan sendiri enggak enak," terang dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya