Survei: Banyak Wanita Gagal Paham Posisi Vagina

Ilustrasi Miss.V alias vagina
Sumber :
  • unsplash

VIVA – Bukan hanya para pria, banyak wanita ternyata juga tidak tahu di mana posisi vagina. Hal ini terungkap dari sebuah survei, yang menyatakan hampir setengah dari wanita Inggris tidak tahu di mana vagina mereka. 

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Survei YouGov telah menemukan bahwa 45 persen perempuan tidak dapat memberi label vagina dengan benar pada diagram dan tidak tahu fungsinya. Tidak mengherankan, enam dari sepuluh pria juga tidak mengetahui  bagian-bagian vagina dan hanya 69 persen yang dapat mengenali klitoris. 

Sebelumnya, peneliti memberikan diagram alat kelamin perempuan pada 2.010 orang dewasa di Inggris dan meminta mereka untuk mengidentifikasi berbagai bagian dan fungsi.

Awas! Meski Nikmat, Posisi Seks Ini Berbahaya dan Berisiko Bikin Penis Patah

Setengah dari wanita tidak bisa mengatakan di mana vagina letak vagina, 55 persen mengatakan mereka tidak tahu apa itu uretra dan sekitar setengah dari pria dan wanita gagal untuk memberi label labia dengan benar.

Tidak hanya itu, wanita, khususnya, juga memiliki kekurangan pengetahuan yang mengkhawatirkan tentang bagaimana vagina mereka bekerja, dengan setengah dari wanita yang disurvei tidak tahu bahwa Anda tidak boleh mencuci bagian dalam vagina Anda.

5 Kesalahan Wanita saat Berhubungan Seks, Bikin Urusan Ranjang Gak Nikmat

Banyak dari mereka berpikir bahwa bagian itu harus dicuci setiap hari, sementara satu dari enam mengatakan mereka pikir harus mencucinya dengan sabun. Padahal vagina mampu membersihkan diri sendiri, dan menempelkan sabun atau bagian intim dapat berdampak serius bagi kesehatan vagina.

"Itu berarti bahwa kita tidak mengajarkan anatomi dasar dan kebersihan pribadi dengan benar kepada anak-anak kita," kata Dr Shazia Malik, konsultan dokter kandungan dan ginekolog di Rumah Sakit Wanita dan Anak-Anak Portland. 

Ia melanjutkan, bahwa sebagai orang tua dan guru, kita memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan hal tersebut. Dr Malik sebelumnya juga memberi tahu bahwa banyak produk sama sekali tidak perlu. Produk itu diluncurkan hanya untuk menghasilkan keuntungan.  

"Sama sekali tidak ada bukti bahwa mereka (produk) dapat bermanfaat bagi wanita dengan cara apa pun. Saya telah melihat banyak wanita datang ke klinik saya dengan infeksi karena telah mengalami gangguan keseimbangan alami vagina atau vulva," kata dia. 

Ia mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk mencuci vulva ialah dengan air hangat. 

"Cuci setiap pagi dan sore dan itu akan menjaganya tetap bersih, lepaskan semua kotoran dan mencegah iritasi," kata Shazia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya