Manfaat Air Rendaman Ketumbar Bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata ketumbar juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu cara mendapatkan manfaat sehat dari ketumbar adalah dengan mengonsumsi air rendamannya.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Menurut dr. Wawaimuli Arozal, M.biomed, PhD, konsumsi air rendaman ketumbar bisa memperbaiki masalah pencernaan seperti kembung, diare, atau mual. Cara ini pun sudah digunakan sejak lama oleh nenek moyang.

"Karena air rendaman ketumbar banyak nilai gizi yang bisa membantu mengelola gerak peristaltik usus, sehingga keluhan mual atau kembung berkurang," kata Wawaimuli dalam program Hidup Sehat di tvOne.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Bahkan, rendaman air ketumbar juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Menurut Wawaimuli, berdasarkan penelitian pada hewan coba dan sedikit pada manusia ditemukan bahwa air rendaman ketumbar bisa mengoptimalkan masuknya glukosa ke dalam sel. Pada keadaan gula darah tinggi, kandungan air rendaman ketumbar akan masuk dalam sirkulasi darah dan menurunkan gula dengan membawanya ke sel sehingga bisa melakukan fungsinya dengan baik.

Selain itu, ketumbar atau disebut dengan corriander juga bisa menstimulasi sel pankreas untuk memproduksi insulin.

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Selain bijinya, daun ketumbar juga memiliki manfaat yang tak kalah banyak. Daun ketumbar juga baik dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan serat. Wawaimuli menyarankan agar mengonsumsi daun ketumbar dalam keadaan mentah atau dijadikan salad.

Manfaat lain dari air rendaman ketumbar adalah bisa meningkatkan nafsu makan. Ini bisa sangat berguna bagi anak-anak yang sulit makan.

"Ketumbar dapat membantu melancarkan pencernaan. Pada anak yang sulit makan, dia biasanya merasa kembung sehingga dengan bantuan daun ketumbar bisa memperlancar gerakan usus dan lapar pun timbul," kata Wawaimuli.

Untuk mengonsumsi air rendaman ketumbar, caranya adalah dengan merendam biji ketumbar ke dalam air panas, lalu diamkan selama 30 menit sampai satu jam. Pastikan biji ketumbar bersih dan dalam keadaan kering. Cukup masukkan dua sendok makan atau 50 gram ketumbar ke dalam 250 ml air.

Saring ketumbar, lalu minum airnya. Wawaimuli menganjurkan agar meminum air rendaman ketumbar dalam keadaan perut kosong. Dengan begitu, kandungan dalam air rendaman ketumbar bisa terserap dengan baik oleh tubuh dan tidak bercampur dengan makanan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya