Wajib Tahu Sebelum Pilih Gentle Birth

Ibu dan bayi tertidur pulas.
Sumber :
  • Daily Mail

VIVAlife - Ribuan tahun lalu sebelum teknologi medis berkembang pesat, manusia melahirkan secara alamiah, metode atau cara persalinan yang saat ini lazim disebut dengan istilah gentle birth. Beberapa wanita hamil modern melakukan cara ini yang dimulai sebelum proses persalinan dilaksanakan.

"Gentle birth adalah sebuah proses persalinan normal termasuk di dalamnya unsur natural yang dilakukan sesuai dengan kemampuan ibu hamil, tanpa ada intervensi medis. Cara ini menggunakan support optimal dan optimistis dari suami dan seluruh pihak terkait," jelas ahli kandungan dan kebidanan, Dr. I Nyoman Hariyasa Sanjaya, SpOG saat dihubungi VIVAlife.
 
Sebelum memilih persalinan


Metode persalinan ini nyatanya memang dapat dilakukan di rumah dan kemudian, hal tersebut menjadi hal yang lumrah bagi beberapa orang serta tentunya mengundang kontroversi. Melalui gentle birth, rasa kebebasan dari trauma rasa sakit, serta kenyamanan di lingkungan tempat akan melahirkan, menjadikan seorang ibu lebih intim pada bayinya.

Bagi para wanita yang akan melakukan cara ini, tentunya tidak serta merta nantinya dapat melahirkan bayinya dengan cara alami (gentle birth). Untuk senantiasa menjaga keamanan bagi bayi dan ibu, harus ada persyaratan yang harus diperhatikan dan dipenuhi.

"Sebelum proses persalinan, tentunya para ibu hamil harus dalam keadaan normal, tidak memiliki indikasi risiko tinggi terhadap penyakit, sudah mendapatkan pelatihan dan informasi mengenai gentle birth, serta  motivasi dari suami yang wajib diberikan secara optimal," tambah Dr. Hariyasa.

Oleh karena itu, ketika seorang wanita hamil ingin melakukan metode gentle birth ini, diharuskan untuk memahami proses persalinan yang tak biasa ini. Selain dengan pemenuhan informasi, juga harus disertai dengan konsultasi dokter ahli kandungan.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Menjadi hal yang penting adalah rutin melakukan USG. Hal ini sangat diperlukan untuk mencari letak plasenta bayi. Ini dimaksudkan untuk melihat apakah palsenta berada di posisi yang benar atau bahkan melilit pada bayi.

Pada beberapa metode gentle birth, perlunya pengetahuan calon ibu dalam persalinan ini, berkaitan dengan penundaan pemotongan tali pusar. Penundaan pemotongan tali pusar dimaksudkan untuk membiarkan terjadinya mekanisme alami. Dengan kata lain, orang tua atau dokter membiarkan tali pusar yang terhubung dengan plasenta terlepas dengan sendirinya, dalam waktu tiga sampai lima hari.

Akan tetapi, realitanya, proses persalinan cara alami ini masih menjadi hal yang kontroversi. Berbagai sudut pandang mengenai cara kelahiran ini pun kerap dilontarkan di berbagai kalangan masyarakat. "Ini adalah sebuah pilihan persalinan." (art)

Baca juga:

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024