Abaikan Email Masuk, Tingkatkan Kesehatan Jantung?

laptop dan kesehatan
Sumber :
  • egmnblog.wordpress.com

VIVAlife - Mungkin lebih dari sepuluh kali dalam sehari kita selalu membuka email. Atau bahkan lebih. Entah itu untuk mengirim pesan penting, atau hanya memeriksa "inbox". Era digital ini memang menuntut kita untuk lebih sering melakukan hal seperti ini. Namun, penelitian kedokteran terbaru justru tidak menyarankannya.

Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah

Mengabaikan semua pesan yang masuk bisa mengurangi stres, dan memberikan efek positif pada jantung. Seorang profesor informatika dari University of California, Gloria Mark, yang melakukan penelitian ini.

Ia mempelajari bagaimana denyut dan interval jantung para pekerja kantor yang "siaga tinggi" sepanjang hari, yang selalu memonitor pekerjaan melalui email.

Sidang PHPU, KPU Tepis Sirekap Jadi Bagian Kecurangan Pemilu

13 objek penelitian yang berprofesi sebagai karyawan sipil, dipantau melalui perangkat lunak yang dihubungkan ke komputer masing-masing. Mengukur seberapa sering mereka memeriksa email masuk.

Hasilnya, detak jantung terus meningkat saat mereka beralih ke "inbox". Ini karena hormon kortisol yang memicu stres menjadi lebih tinggi.

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

Dipaparkan pada Times, ia mulai berpikir jika email ini sama halnya dengan minuman atau obat-obatan yang bersifat adiktif. Ini berimbas pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

"Pertama yang kami lakukan adalah pengukuran dasar. Mereka bekerja seperti biasa. Kemudian, kami membatasi email masuk secara teratur dari hari ke hari. Pada hari ke lima, terjadi perubahan signifikan pada pola kesehatan: tingkat stres berkurang saat mereka jauh dari email," jelas Mark.

Mark menyebutnya sebagai sindron fight or flight. Saat Anda berada dalam kondisi siaga, tubuh akan sigap menanggapi. Email masuk ini seperti stimulus yang akan membuat variabilitas jantung menjadi lebih cepat. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya