Tujuh Alergi Aneh dan Berbahaya

Alergi
Sumber :
  • allerair.blogspot.com

VIVAlife - Umumnya reaksi alergi merupakan reaksi autoimun tubuh akibat makanan tertentu atau serbuk sari. Namun demikian, ada beberapa alergi yang sangat tidak biasa yang dialami orang.

Ini beberapa alergen yang terbilang aneh, seperti dikutip Genius Beauty:

1. Alergi sperma

Alergi sperma tidak hanya dapat terjadi pada wanita, tapi sebagian pria juga mengalami alergi pada sperma sendiri, meskipun sangat jarang terjadi.

Januari silam, para peneliti Belanda melaporkan adanya dua kasus sindrom postorgasmic pada Journal of Sexual Medicine. Gejala-gejalanya mirip flu akibat alergi biasa antara lain mata terasa terbakar, bersin, dan hidung meler. Tes kulit menegaskan bahwa gejala ini merupakan alergi terhadap sperma.

Perawatan alergi standar adalah terapi hyposensitization, yaitu pasien diberi sejumlah kecil alergen, dan kemudian dosisnya berangsur-angsur meningkat. Dibandingkan wanita, pengobatan gejala alergi pada pria menunjukkan dampak signifikan setelah tiga tahun pengobatan.

2. Alergi daging


Sebuah publikasi dalam American Journal of Clinical Allergology and Immunology, mengungkap sejumlah orang mengalami alergi daging unggas, sapi, kambing dan ternak lain yang diberi antibiotik dan steroid. Umumnya steroid dan antibiotik digunakan untuk menambah berat badan hewan ternak atau menghindari penyakit.

3. Alergi hormonal


Selama menstruasi, wanita sering mengeluhkan hal umum seperti retensi air dalam tubuh dan degradasi kulit.  Namun beberapa orang mengalami kelainan kulit dermatitis progesteron autoimun (APD).

Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita paruh baya dan jarang terlihat pada wanita pasca menopause dan selama kehamilan. Sebuah kasus dalam European Journal of Dermatology pada tahun 2002 menemukan seorang wanita 27 tahun mengalami gejala APD, yang timbul setelah menstruasi dan kembali setiap bulan.

Tes alergi menunjukkan, pembengkakan kemerahan pada kulit akibat meningkatnya kadar progesteron. Terapi hormonal menyelamatkan pasien dari keadaan yang tidak menyenangkan.

4. Alergi air

Alergi adalah penyakit yang paling umum, namun aquagenic urticaria atau alergi air membuat pasien mengalami rasa gatal dan ruam setelah bersentuhan dengan air.  Kondisi ini muncul bila bersentuhan dengan air air laut, bahkan air keran. Reaksi akan berlangsung selama 30 menit, kemudian hilang.

Mekanisme penyakit langka tersebut belum diketahui. Namun dokter menemukan, tingkat histamin--penyebab reaksi alergi, tidak berubah selama serangan sehingga pengobatan yang dilakukan adalah anti-histamin.

5. Alergi Dingin


Alergi dingin (cold urticaria) adalah penyakit inflamasi yang disebabkan oleh penurunan tajam suhu kamar. Gejala-gejalanya mirip dengan gejala khas alergi: kemerahan, gatal dan bengkak.

Mandi air dingin adalah penyebab paling umum alergi ini. Suhu rendah menyebabkan pelepasan histamin kuat, penyebab muncul kemerahan, pembuluh darah membesar, penurunan tekanan darah yang pada akhirnya menyebabkan hilangnya kesadaran, syok bahkan pada beberapa kasus yang jarang menjadi penyebab kematian.

6. Alergi air garam


Terutama terdiri dari garam (natrium klorida) dan air, garam adalah zat berbahaya yang akan menyebabkan dehidrasi kuat bila disuntik dalam vena. American Journal of Emergency Medicine 2009 lalu melaporkan kasus reaksi anafilaksis terhadap injeksi ini.

7. Alergi jamur


Sepotong pancake bisa menyimpan risiko alergi bila dibuat dari tepung terigu yang melebihi umur simpannya. American Journal of Forensic and Pathology 2001 menerbitkan sebuah artikel tentang pria 19 tahun yang makan beberapa pancake panggang yang dibuat dari tepung kedaluarsa. Pria muda ini mengalami syok anafilaksis yang menyebabkan kematiannya.

Jadi, bila Anda menyadari mengalami beberapa gejala alergi, segera cari tahu apa yang terjadi meski hal tersebut tak mengganggu Anda saat ini.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim
Wilayah kerja migas lepas pantai yang dikelola Medco Energi.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan penyelesaian divestasi seluruh kepemilikan sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V. (OVBV).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024