Kembalinya Tren Pengobatan Tradisional

Bekam
Sumber :

VIVAlife - Di dunia mode, siklus fashion akan berputar. Fashion yang populer puluhan tahun silam bisa bangkit dan kembali jadi tren. Begitu juga dengan dunia pengobatan.

Di tengah majunya sistem kedokteran modern, ada beberapa metode pengobatan tradisional berusia ribuan tahun yang kembali naik daun.

Lintah


Pengobatan tradisional ini telah digunakan selama lebih dari 2.500 tahun untuk menangani berbagai penyakit. Hewan penghisap darah ini banyak digunakan di negara India dan Asia lain termasuk Indonesia untuk mengobati asam urat, rematik, vertigo, sinusitis, dan bahkan jerawat.

Dikutip dari Foxnews, enzim dalam air liur lintah diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan yang rusak.

Bekam/Cupping


Pengobatan alternatif lainnya adalah bekam atau cupping. Metode ini menggunakan cup yang ditempelkan ke bagian tubuh tertentu untuk melancarkan aliran darah. Menurut para ahli pengobatan alternatif, meski pengobatan bekam terlihat aneh, namun memberi khasiat nyata terhadap kesehatan.

Praktek pengobatan China kuno ini dapat digunakan pada leher, punggung dan kaki untuk melunakkan otot dan memulihkan aliran darah yang sehat. Bekam juga digunakan untuk mengobati sindrom bahu beku dan meringankan pilek.

Hipnosis


Hipnosis telah digunakan dalam ritual kuno dan upacara keagamaan, namun cara tersebut mulai berkembang pada era 1700-an. Saat ini hipnoterapi digunakan untuk mengobati kecemasan, kecanduan, insomnia, obesitas, asma, dan bahkan digunakan selama persalinan. (eh)

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya
Ilustrasi orang sedang bermain game online

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) menyatakan progres perpres pengawasan game online sudah harmonisasi antara kementerian, lembaga dan pemda.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024