Orang Pendek Lebih Panjang Umur?

Ilustrasi Tubuh Sehat
Sumber :

VIVAlife - Seberapa sehat  tubuh, sampai sekarang mungkin masih dinilai dari ukuran tinggi badan. Mereka yang berpostur tinggi dianggap lebih super, karena asupan gizi berlimpah, dan pertumbuhan tulang yang baik. 

Perdana Rayakan Idul Fitri Sendiri, Suami Stevie Agnecya: I Miss You

Namun, studi terbaru justru mengungkap hal sebaliknya. Semakin lamban pertumbuhan tubuh pada usia anak-anak, diperkirakan umurnya semakin panjang saat usia dewasa hingga tua nanti. 

Kesimpulan ini didapatkan dari penelitian panjang yang dilakukan para ilmuwan dari Glasgow University, Skotlandia. Mereka melakukan studinya dengan menggunakan media ikan stickleback.

Megawati Open House di Rumahnya, PDIP: Dilakukan Secara Terbatas

Pada ikan yang tumbuh lebih cepat, dalam artian lebih cepat panjang, jaringan di dalam tubuhnya lebih cepat rusak. Ini yang mengakibatkan usia mereka menjadi lebih singkat. 

Sementara itu, ikan yang tumbuh lambat dinyatakan memiliki hidup 30 persen lebih lama, yakni 1000 hari. Sebaliknya, ikan yang tumbuh cepat, usianya berkurang sekitar 15 persen.

Prabowo Salat Idul Fitri 1445 H Bersama Warga Bojong Koneng di Masjid Nurul Wathan Hambalang

Profesor Neil Metcalfe, salah seorang peneliti mengatakan, "Hasil dari penelitian ini sangat mencolok. Terlihat jika tubuh yang tumbuh lebih cepat memiliki kerusakan jaringan tubuh yang lebih banyak, dibanding dengan tubuh yang tumbuh lambat."

Ia menambahkan jika temuan ini juga berlaku untuk spesies lain, termasuk manusia, karena proses pertumbuhan jaringan dan proses penuaan pada hewan serta manusia tidak jauh berbeda. 

"Pertumbuhan yang lebih cepat pada usia anak-anak dikaitkan dengan risiko kerusakan jaringan yang besar, dan berdampak pada penyakit di kemudian hari," paparnya seperti dikutip Daily Mail.  

Untuk memperpanjang umur, tentu saja Anda juga harus menjalankan gaya hidup sehat, termasuk pola makan dan olahraga teratur. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya