Minuman Energi dan Kopi, Mana Lebih Efektif?

kopi
Sumber :
  • good-wallpapers.com

VIVAlife - Beberapa jenis minuman berenergi mengklaim jika kandungan di dalamnya, seperti guarana dan ginseng, disebut dapat meningkatkan kinerja tubuh dan kemampuan kognitif.

Netizen Soroti Ekspresi Ibu Chandrika Chika Usai Putrinya Ditangkap Narkoba: Bahagia Banget

Namun penelitian terbaru mematahkan klaim tersebut. Para peneliti mengatakan jika bahan yang dapat memberikan manfaat tersebut hanyalah kafein. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Reviews menemukan bahwa minuman energi seringkali mengandung bahan-bahan seperti taurin, guarana dan ginseng, dan terbukti tidak ebih efektif dari kafein. 

Maksimal atau tidaknya minuman ini tergantung pada kadar kafein di dalamnya. Lalu apa bedanya dengan kopi yang jelas mengandung kafein murni? 

Nasib Tragis Gadis 16 Tahun Tewas Usai Dicekoki Narkoba dan Dicabuli di Hotel Jaksel

Untuk menyiasati ini, banyak juga produsen yang kemudian menambah dosis kafein pada minuman energi ini. Bahkan studi lebih lanjut menemukan jika kandungan kafein ditambahkan hingga 14 kali lebih banyak dari minuman ringan lainnya.

Dilansir Daily Mail, para ahli pun memberikan peringatan jika minuman ini tidak dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Stimulan minuman energi telah dikaitkan dengan kejang, diabetes, masalah jantung, dan gangguan perilaku. Menanggapi perihal minuman energi, dan potensi bahaya dari minuman olahraga, Dr Holly Benjamin, dari Comer Children’s Hospital, dari University of Chicago, mengatakan. "Bagi kebanyakan anak yang terlibat dalam kegiatan fisik secara rutin, air putih adalah yang terbaik." (eh)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya
Konferensi Pers Prudential Indonesia dan Prudential Syariah

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

PT Prudential Life Assurance membukukan, pendapatan premi dan kontribusi dengan total sebesar Rp 22 triliun pada 2023 melalui Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024