Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung (II)

Ilustrasi serangan jantung.
Sumber :
  • heartattacktreatmenttips.com
VIVAlife - Kolesterol dan lemak berlebih dalam tubuh dikaitkan sebagai faktor pemicu gangguan jantung. Sayang, banyak dari kita yang masih mengabaikan pola makan sehat meski penyakit jantung disebut dalam deretan penyakit penyebab kematian tinggi di dunia. 
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Sebelum penyakit ini benar-benar bersarang pada tubuh, ada baiknya Anda mulai beralih pada makanan sahabat jantung, dan mengenal tanda awal masalah serius ini. Seperti dilansir Times of India, berikut gejala awal adanya gangguan jantung.
Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

6. Kecemasan
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Banyak yang meyakini, serangan jantung berbuntut pada trauma. Alhasil, mereka yang pernah mengalami serangan jantung lebih sering mengalami ketegangan, ketakutan, atau kecemasan akan kematian. Hal ini dikaitkan dengan kecemasan psikologi dan stres yang menyebabkan serangan lebih sering.

7. Nyeri tubuh

Rasa nyeri menjadi pertanda kuat penyakit jantung. Pada pria, rasa nyeri dirasakan di bagian lengan kiri, sementara wanita mengalami rasa sakit di kedua lengan. Rasa sakit datang dan pergi ini juga dirasakan di bagian bahu, punggung siku, dan leher. Nyeri di beberapa titik bagian tubuh ini disebabkan karena terjadi penyumbatan arteri.

8. Denyut jantung tak teratur

Jika Anda mengalami denyut jantung tak teratur, ini patut diwaspadai karena dapat berakibat fatal. Denyut jantung tak teratur umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadi penyempitan pada katup sehingga menyebabkan kebocoran.

9. Sesak napas

Sesak napas disebabkan karena penebalan pembuluh darah yang menghambat pasokan darah ke seluruh tubuh. Ini juga berakibat pada denyut jantung yang tidak teratur, kelainan organ hati atau infeksi, penebalan otot jantung, serta kelainan pada katup jantung.

10. Pembengkakan

Pembengkakan terjadi ketika cairan menumpuk di dalam tubuh. Umumnya terjadi pada bagian pergelangan kaki dan perut. Gejala ini merupakan tanda bahwa jantung sedang mengalami kecacatan serta adanya kelainan pada katup jantung.

Gejala lainnya, baca melalui

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya