Atasi Diabetes dengan Latihan Gerakan Yoga

Ilustrasi Yoga
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Jika Anda memasukkan yoga sebagai rutinitas sehat setiap hari, artinya Anda sudah menjatuhkan pilihan tepat. Selain menjadi gaya hidup, yoga memang memberi manfaat kesehatan secara menyeluruh.
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Perpaduan gerakan olah tubuh dalam yoga mampu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh untuk menjauhkan berbagai jenis penyakit. Sementara itu, meditasi di dalamnya bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan menghalau stres. 
Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Dikutip dari laman Boldsky, efek latihan rutin yoga tidak saja bekerja melawan penyakit sepele, tapi juga penyakit-penyakit serius seperti berikut:
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Asma
Bagi penderita asma, inhaler tak selamanya dapat diandalkan. Dan salah satu obat asma jangka panjang adalah yoga. Latihan pengaturan napas melalui lubang hidung menuju paru-paru dapat menyebarkan energi ke seluruh tubuh. Dalam yoga, sesi ini disebut dengan Pranayama.

Diabetes
Diabetes pun akan tunduk dengan berlatih yoga. Gerakan Asanas dalam yoga yang berarti pengaturan sikap tubuh membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Latihan ini meliputi fokus sikap tubuh dengan posisi segitiga, kaki sebelah kiri (secara bergantian) ditarik ke belakang setinggi-tingginya dengan menggunakan tangan kiri, hingga sejajar dengan tubuh yang condong ke depan. 

Hipertensi
Tekanan darah tinggi dipicu oleh pola makan tidak sehat dan juga tekanan pikiran. Sama halnya dengan diabetes, hipertensi juga dapat diatasi dengan latihan pernapasan atau pranayam, latihan fisik atau asanas, dan latihan meditasi. 

Gangguan pencernaan
Jika Anda sering merasakan sembelit dan rasa perih di lambung, tak perlu repot mencari cara menyembuhkannya. Cukup lakukan yoga secara rutin dengan gerakan pose angin mengebas atau angin menghapus, untuk menyingkirkan kelebihan gas di sekitar perut.

Migrain
Sakit kepala sebelah ini biasa disebabkan karena otak tidak mendapatkan suplai darah yang cukup. Oleh karena itu, cobalah yoga dengan pose sirsasana atau headstand. Jika Anda pemula, lakukan latihan ini dengan menyandarkan tubuh ke dinding. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya