Waspada, Rokok Juga Sebabkan Gangguan Pendengaran

Ilustrasi Rokok
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Bahaya rokok menjalar. Setelah kanker, jantung, dan gangguan pernapasan seperti tertulis dalam setiap kemasannya, rokok ternyata juga berdampak buruk pada pendengaran. 
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Studi mengenai hal ini dilakukan para peneliti asal Amerika Serikat seperti diterbitkan dalam Journal of American Medical Association. Dari 3000 responden penelitian, sebanyak 70 persen diantaranya yang tercatat sebagai perokok menderita gangguan pendengaran.
Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Penelitian menyimpulkan bahwa risiko gangguan pendengaran meningkat sesuai dengan jumlah batang rokok yang dihisap setiap harinya. Artinya peningkatan dapat terjadi secara proporsional dengan intensitas tertentu.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Survei terpisah juga dilakukan healthyharing.com. Mereka menemukan hasil yang sama. Bahwa bahan kimia dalam asap rokok mempengaruhi mekanisme konduksi dalam telinga tengah bagian dalam. Tak hanya itu, zat kimia ini dapat pula berpengaruh buruk pada telinga dalam, dan sel rambut yang terdapat pada bagian koklea atau rumah siput.

Zat kimia berbahaya yang dimaksud adalah nikotin, yang juga bisa mengganggu sistem kognisi otak.  

Menurut penelitian, perokok berusia 48 sampai 59 tahun, prevalensi terkena gangguan pendengaran sekitar 25.9 persen. Sedangkan pada mantan perokok 22.7 persen. Dan kemungkinan perokok pasif terkena gangguan pendengaran akibar asap rokok sebanyak 1.94 kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya