Bercinta Tingkatkan Kesehatan Otak dan Kognisi

Otak manusia
Sumber :
VIVAlife - Faktanya, aktivitas seksual  mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan secara menyeluruh. Selain meredakan stres, melancarkan aliran darah, aktivitas seksual juga memegang penting untuk kekuatan otak.
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Para peneliti dari University of Pavia, di Italiamenyatakan demikian setelah mereka melakukan penelitiannya. Mereka memeriksa tes darah guna mengetahui peningkatan dan pertumbuhan saraf di otak.
Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Bahan analisa diambil dari tiga kelompok berbeda: mereka yang baru menikah, sudah lama menikah, dan masih lajang. Kelompok pertama menunjukkan bahwa pertumbuhan saraf di bagian otak meningkat lebih tinggi dibandingkan pasangan yang masih lajang. Kemudian mereka yang telah lama menikah, manfaat berhubungan seksual semakin terlihat jelas pada kesehatan otak.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Studi ini menyimpulkan bahwa tingkat kesehatan saraf secara signifikan terlihat lebih tinggi pada subjek yang baru menikah dan subjek yang berhubungan dalam jangka panjang, dibandingkan subjek yang masih lanjang.

Artinya, aktivitas seksual ini sebenarnya dapat melindungi sel otak dari penurunan kualitas. Seks juga meningkatkan aliran darah ke otak, serta meningkatkan kadar oksigen.

"Scan MRI menunjukkan bahwa selama orgasme, otak menjadi lebih aktif dan lebih banyak mensuplai oksigen," kata seorang profesor dari Rutgers University, Barry Komisaruk, seperti dikutip Daily Mail.

Pakar hubungan Tracey Cox juga menambahkan bahwa tingkat kenaikan hormon oksitoksin meningkat hingga 500 persen selama aktifitas seksual terjadi. Hormon ini dikaitkan dengan peningkatan konsentrasi, membuat Anda lebih santai, dan membantu agar tidur lebih nyenyak. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya