Akibat Kanker, Mata Bayi Ini Bak 'Mata Kucing'

Cullum Holmes
Sumber :
  • Daily Mail.
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Tumor di mata sebelah kanan Cullum Holmes membuat bola matanya tampak besinar seperti 'mata kucing'. Menurut ibunya, mata Holmes terlihat bersinar saat usia putranya berusia 6 bulan.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

"Awalnya kami pikir ini hanya pantulan cahaya di matanya, tapi ternyata saya salah ini adalah penyakit yang mematikan," ujar Erin, ibu Holmes pada
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun
Daily Mail.

Saat dirujuk ke rumah sakit klinik spesialis mata, dokter menuturkan  Holmes menderita
retinoblastoma
, jenis kanker mata yang mempengaruhi 40-50 anak setiap tahunnya di Inggris.


Penyakit ini umumnya berkembang pada anak-anak di usia 5 tahun, namun ada juga yang membawanya saat mereka lahir. Kondisi ini mempengaruhi sel-sel pada retina, lapisan yang peka pada cahaya. Gejala penyakit ini ditandai dengan tampilan fisik yang abnormal, seperti yang terjadi pada Holmes.


Satu-satunya pengobatan yang tersedia adalah dengan jalur operasi dengan mengangkat mata sebelah kanannya. Tujuannya adalah agar sel-sel kanker tidak menyebar lebih jauh.


Saat usia 11 bulan, Holmes melakukan operasi di Rumah Sakit Anak Birmingham untuk menghapuskan kanker di matanya. Ini artinya ia akan kehilangan mata sebelah kanan seutuhnya.


Tak mau anaknya hidup cacat, orang tua Holmes juga memesan mata buatan sebelum putranya jalani operasi kanker.


"Saya merasa dengan mata buatan tersebut, saya akan melihat dua mata anak saya kembali. Dan ini nyata," ceritanya. (adi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya