Kondisi Telinga Sinyal Penyakit Jantung?

Ilustrasi Telinga.
Sumber :

VIVAlife - Berbagai metode dilakukan untuk mencari risiko seseorang terkena penyakit jantung. Satu tim ilmuwan menemukan, kondisi daun telinga seseorang adalah penanda risiko sakit jantung.

Temuan yang dimuat dalam jurnal Angiology menulis sebuah penelitian ilmuwan Turki. Ilmuwan menemukan, orang yang memiliki kerutan di daun telinga bagian bawah cenderung memiliki masalah jantung. Orang dengan kerutan di telinga juga lebih cenderung mengalami penyempitan arteri dan mengalami plak pada arteri.

"Kemungkinan ada hubungan antara penuaan kulit serta penuaan pembuluh darah," ujar Arthur Friedlander DMD, seorang profesor dari UCLA.

Friedlander juga mempublikasikan temuan yang menunjukkan adanya hubungan antara kisut di cuping telinga dengan penyempitan pembuluh arteri. Dia mengatakan, cuping telinga adalah titik akhir pembuluh darah. Sehingga, jika terdapat masalah sirkulasi darah, gangguan ini bisa terlihat sebagai keriput di telinga.

Prabowo Bersyukur Sengketa Pilpres di MK Selesai: Kita Sekarang Persiapan Hadapi Masa Depan

Ilustrasi Bentuk Telinga

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melihat bayangan telinga Anda di cermin. Menurut Dr Friedlander keriput adalah salah satu tanda penuaan. "Cuping telinga yang keriput berhubungan dengan abnormalitas seperti tekanan darah tinggi, naiknya berat badan atau kadar dalam darah," ucap Friedlander seperti dimuat dalam Men's Health.

Dia menyarankan segera cek kesehatan jantung bila menemukan keriput di cuping telinga sebelum usia 55 tahun, khususnya pada usia 40-an. (umi)

Mantan Kajari dan eks Kasipidsus Kejari Bondowoso saat sidang putusan di Pengadilan Tipikor Surabaya, Jawa Timur.

Mantan Kajari Bondowoso Divonis 7 Tahun Penjara terkait Kasus Suap

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah menerima suap Rp927 juta dalam pengurusan perkara korupsi yang ditangani Kejari Bondowoso.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024